test

Kesehatan

Jumat, 4 Februari 2022 10:05 WIB

Kesulitan Tidur Saat Terpapar Covid-19, Ini Saran Dokter

Editor: Hadi Ismanto

Tidur cukup akan menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Saat kondisi tidak fit atau sakit, seseorang bisa mengalami gangguan tidur. Tidak terkecuali ketika terinfeksi Covid-19, di mana sejumlah gejala yang dialami dapat berupa tenggorokan sakit, demam, hingga batuk dan pegal-pegal.

Seperti dilansir dari laman Huff Post, Kamis (4/2/2022), ada sejumlah tips yang bisa dicoba untuk mengatasi kesulitan tidur saat mengalami Covid-19.

Seorang dokter penyakit dalam di Washington, Amerika Serikat (AS), Lucy McBride mengatakan cobalah untuk mandi dengan air hangat sebelum tidur.

Siapkan air yang cukup hangat untuk menghasilkan uap. Ini adalah cara yang bagus untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tubuh saat sakit.

Selain itu, McBride mengingatkan untuk tidak lupa mengonsumsi obat pengurang gejala. Saat batuk, obat yang dijual bebas penurun demam seperti ibuprofen atau acetaminophen dapat digunakan. Obat bebas itu tidak akan mengganggu obat resep lain.

Namun, jika Anda mengalami muntah atau mual, sangat penting untuk tetap terhidrasi. Anda dapat mencoba minum air kelapa atau minuman yang mengandung elektrolit. Selain itu, jahe juga dapat dicoba untuk membantu mengatasi mual.

"Minuman elektrolit komersial seperti Pedialyte juga boleh saja diasup, tetapi itu mengandung lebih banyak gula. Jahe dapat sangat membantu mengatasi mual," ujar Heather Moday, seorang ahli imunologi dan penulis The Immunotype Breakthrough.

Moday juga menyarankan untuk mencoba minum teh madu dan lemon. Minuman ini bisa membantu tidur lebih nyenyak saat sakit.

BERITA TERKAIT