test

News

Sabtu, 5 Februari 2022 18:06 WIB

Covid-19 Meningkat, Lansia dengan Komorbid Diminta Jangan Keluar Rumah!

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau masyarakat dengan usia di atas 60 tahun dan memiliki komorbid serta belum menerima suntikan vaksin untuk tidak keluar rumah.

Hal ini sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 terhadap lansia, mengingat angka kasus terus naik dalam beberapa hari terakhir.

"Untuk yang berumur diatas 60 tahun dan belum divaksin, juga mempunyai komorbid saya sarankan agar tidak keluar rumah," kata Luhut saat menghadiri Harlah NU ke-96 secara virtual, Sabtu (5/2/2022).

Luhut menjelaskan, pasien Covid-19 yang meninggal didominasi oleh masyarakat yang berusia 60 tahun keatas dengan komorbid dan belum divaksin dua kali. 

Dalam kesempatan itu, ia mengimbau agar seluruh warga NU tidak menunda dan segera mendapatkan suntikan vaksin di lokasi yang disediakan.

"Karena data yang saya katakan tadi, sebagian besar yang meninggal itu ada orang-orang yang sudah sepuh ada komorbid dan belum divaksin. Ini penting," sambungnya.

Dikatakan Luhut, kenaikan angka kasus aktif Covid-19 salah satunya dipengaruhi munculnya varian baru Omicron. Maka dari itu, ia mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada akan protokol kesehatan.

Kemudian, untuk Pasien Covid-19 dengan gejala ringan bisa menjalani isolasi mandiri di rumah serta pasien diatas usia 60 tahun untuk menjalani isolasi atau perawatan di rumah sakit yang menjadi rujukan.

"Saya usul, dua minggu atau satu bulan dari sekarang, untuk orang-orang yang saya sebut kriterianya diatas sebaiknya tinggal di rumah saja terlebih dahulu," pungkasnya.

BERITA TERKAIT