test

News

Senin, 14 Februari 2022 20:05 WIB

Menkes: Kasus Covid-19 di Enam Provinsi Sudah Lampaui Varian Delta

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers terkait perkembangan Covid-19 terkini. (Foto: PMJ News/YouTube Sekretariat Presiden)

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut setidaknya ada enam provinsi sudah melampaui mengalami kenaikan kasus Corona yang melampaui puncak gelombang Delta.

"Ada 6 provinsi yang sudah melampaui kasus Delta dan 37 kabupaten/kota yang juga sudah melampaui puncak Delta. Enam provinsi tersebut adalah DKI, Banten, Jabar, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Papua," jelas Budi dalam konferensi pers secara virtual, Senin (14/2/2022).

Pada kesempatan yang sama, Budi juga menjelaskan keterisian tempat tidur di rumah sakit daerah yang mengalami kenaikan. Namun, keterisian rumah sakit hanya mencapai 30 persen dari puncak varian Delta.

"Semua provinsi yang sudah melampaui puncak Delta kasusnya itu rumah sakitnya sekitar 30 persen dari puncak Delta. Ada 2 yang agak tinggi, yaitu Jakarta dan bali, tapi trennya Jakarta dan Bali sekarang, khususnya Jakarta itu sudah melandai kan kemungkinan segera turun," tuturnya.

Budi memprediksi setelah Banten hingga Bali mengalami puncak Omicron, kenaikan kasus akan bergeser ke Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga ke luar Jawa.

"Saya rasa nanti Banten, Jabar, Bali ini sudah mendekati puncak dan baru nanti akan bergeser ke provinsi-provinsi seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogja dan di luar Jawa," tukasnya.

BERITA TERKAIT