test

Kesehatan

Rabu, 16 Februari 2022 10:05 WIB

5 Tanda dan Gejala Seseorang Mengidap Penyakit Kronis

Editor: Hadi Ismanto

Serangan jantung harus diwaspadai. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa penyakit kronis menjadi penyebab 71 persen kematian di dunia dengan jumlah kasus mencapai 41 juta kematian setiap tahunnya.

Ada empat penyakit kronis yang paling banyak menyebabkan kematian seperti penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit pernapasan, dan diabetes. Deteksi dini, skrining, dan pengobatan penyakit kronis menjadi kunci penting dalam mengelola penyakit kronis.

"(Penyakit kronis) bisa menyebabkan perawatan di rumah sakit, disabilitas jangka panjang, penurunan kualitas hidup, dan kematian," ujar dr Daniel Boyer dari Farr Institute seperti dilansir di Eat This Not That!, Rabu (16/2/2021).

Menurut dr Boyer, ada beberapa tanda dan gejala yang dapat menunjukkan ketika seseorang mungkin mengidap penyakit kronis. Berikut ini adalah lima tanda dan gejala tersebut:

1. Gangguan Suasana Hati
Salah satu tanda yang perlu diwaspadai adalah gangguan susana hati. Gangguan suasana hati ini juga bisa memicu perubahan fisik. Perubahan tersebut antara lain ruam di kulit dan rambut rontok berlebih.

2. Nyeri
Menurut dr Boyer, sebagian bsar penyakit kronis menyebabkan inflamasi akut di dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu terjadinya nyeri akut yang bisa mempengaruhi beberapa bagian tubuh.

3. Gangguan Mobilitas
Orang yang mengalami penyakit kronis juga bisa mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas. Kesulitan ini biasanya dipicu oleh keterbatasan fisik yang disebabkan oleh gangguan mobilitas terkait penyakit kronis.

4. Kelelahan
Menurut dokter dari Beverly Medical Center, dr Beverly Goode Kanawati, gejala tersering dari penyakit kronis adalah kelelahan. Beberapa penyakit kronis yang dapat memicu kelelahan adalah hipotiroidsime, disfungsi mitokondria, apnea tidur, depresi, defisiensi zat besi, dan defisiensi zat gizi lain.

Sayangnya, kelelahan juga bisa disebabkan oleh banyak hal lain di luar penyakit kronis. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab kelelahan.

5. Inflamasi dan Kesehatan Pencernaan Buruk
Ahli gizi, Lisa Richards, mengatakan inflamasi di saluran cerna kerap menjadi tanda dari penyakit kronis. Disbiosis usus atau kesehatan usus yang buruk memiliki konsekuensi negatif bagi kesehatan yang lebih besar dibandingkan yang biasa dibayangkan.

Mengurangi asupan gula bisa menjadi salah satu upaya untuk menunjang kesehatan saluran cerna. Alasannya, gula kerap menjadi sumber makanan untuk bakteri jahat di dalam usus.

BERITA TERKAIT