test

News

Rabu, 16 Februari 2022 14:20 WIB

Meski BOR RS Tinggi, Istana Tegaskan Pandemi Covid-19 Masih Terkendali

Editor: Ferro Maulana

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo. (Foto: KSP)

PMJ NEWS - Pemerintah melalui Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abraham Wirotomo menjelaskan pandemi Covid-19 masih terkendali walaupun kasus terus mengalami kenaikan.

Abraham memaparkan, merujuk terhadap data keterisian rumah sakit secara nasional antara lain, masih di angka 30 persen per 13 Februari 2022. 

Bahkan, dirinya menyebut lima daerah dengan BOR RS tertinggi, antara lain, Jakarta dengan tingkat keterisian 54 persen, Bali 48 persen, Banten 45 persen, Jawa Barat 44 persen dan Sumatera Selatan 30 persen.

"Situasi masih lebih terkendali jika dibanding saat kita menghadapi Delta, yang angka BOR RS mencapai 90 persen. Tapi kita harus waspada," ucap Abraham, hari ini Rabu (16/2/2022). 

Masih dari penuturan Abraham, hingga sekarang dari tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit, 65 persen merupakan pasien tanpa gejala dan bergejala ringan.

"Sekali lagi kami imbau pada RS dan masyarakat, mari kita prioritaskan bagi yang membutuhkan. Agar kita bisa melewati pandemi ini dengan baik," pungkas Abraham. 

Di kesempatan yang sama, Abraham juga menegaskan, kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 selalu didasarkan pada pendekatan ilmiah, bukan emosi atau politik.

BERITA TERKAIT