Politik

Kamis, 17 Februari 2022 11:50 WIB

Komisi II DPR Setujui 7 Nama Anggota KPU dan 5 Bawaslu

Editor: Ferro Maulana

Kantor Komisi Pemilihan Umum. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sudah menyetujui tujuh nama anggota KPU dan lima nama anggota Bawaslu periode 2022-2027.

Adapun nama-nama anggota KPU dan Bawaslu tersebut kemudian bakal dibawa ke dalam rapat paripurna untuk selanjutnya diserahkan ke Presiden Joko Widodo.

Kemudian, 12 nama itu ditetapkan Komisi II DPR RI setelah proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test, Kamis (17/2/2022) dinihari, sekitar pukul 01.30 WIB.

Lalu, rapat penetapan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia dan Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus dan Sufmi Dasco Ahmad.

"Berdasarkan pertimbangan itu semua pada akhirnya setelah kita lakukan simulasi berbagai hal, dan berbagai cara,” tuturnya.

“Maka kita putuskan kita tetapkan urutan 1-14 dimana 1-7 adalah yang terpilih untuk menjadi calon anggota KPU yang akan dilantik oleh Pesiden Jokowi nanti," ucap Doli saat rapat di Gedung DPR/MPR, Jakarta.

Di bawah ini ketujuh nama yang telah diputuskan oleh Komisi II DPR RI menjadi anggota KPU periode 2022-2027:
1. Betty Epsilon Idroos
2. Hasyim Asy'ari
3. Mochammad Afifuddin
4. Parsadaan Harahap
5. Yulianto Sudrajat
6. Idham Holik
7. August Melaz

"Ini tujuh nama yang kita tetapkan terpilih menjadi calon anggota KPU RI," ucap Doli.

Selanjutnya, mempertanyakan kepada forum rapat apakah bisa menyetujui ketujuh nama tersebut. Forum rapat pun menyetujui.

Forum rapat pun menyetujui tujuh nama itu. "Setuju," jawab forum yang menyetujui.

BERITA TERKAIT