test

News

Jumat, 18 Februari 2022 14:05 WIB

Pemakaman Protap Covid-19 di TPU Rorotan Alami Peningkatan

Editor: Ferro Maulana

Pemakaman jenazah Covid-19. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Pemakaman yang menerapkan protokol tetap (Protap) Covid-19, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan Jakarta Utara, mengalami peningkatan dalam periode Februari 2022.

Lurah Rorotan Idham Mugabe menuturkan, jumlah peningkatan tidak cukup parah ketimbang puncak kasus Covid-19 yang didominasi oleh varian Delta.

"Secara grafik memang meningkat namun tidak separah pada varian Delta yang lalu," ujarnya, di Jakarta, Jumat (18/2/2022).

Menurutnya, ketika puncak gelombang dua terjadi pada pertengahan 2021 lalu, pemakaman dengan Protap Covid-19 per hari bisa mencapai 230 pemakaman.

Situasi tersebut jauh berbeda dengan sekarang, walaupun terjadi peningkatan.

"Kalau sekarang paling tingginya kemarin itu 25 per hari pemakaman Protap Covid-19," tuturnya menjelaskan.

Idham kembali mengatakan, kapasitas TPU Rorotan masih cukup menampung jenazah, baik akibat Covid-19 maupun tidak.

Alasannya, saat kasus kematian akibat Covid-19 melandai dan bahkan mencatatkan 0 kasus dalam beberapa hari, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta terus menambah luas area pemakaman.

Sehingga menurutnya, penambahan jumlah pemakaman Protap Covid-19 terjadi, lahan pemakaman masih cukup menampung jenazah.

"Kapasitas masih cukup karena pas kemarin selesai gelombang 1 kita alami penurunan grafik bahkan sampai 0 tidak ada yang dimakamkan. Tapi kita terus mempersiapkan lahan," pungkasnya.

BERITA TERKAIT