test

News

Jumat, 18 Februari 2022 15:50 WIB

Satgas Covid-19 Siapkan Fasilitas Isolasi Terpusat di Seluruh Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Salah satu lokasi isolasi pasien Covid-19 yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta. (Foto: PMJ News/JSC)

PMJ NEWS - Pemerintah menyiapkan fasilitas isolasi terpusat (isoter) di setiap provinsi di Indonesia untuk merawat masyarakat yang terpapar Covid-19 bergejala ringan hingga sedang.

"Kami sudah menyiapkan isolasi terpusat di setiap provinsi bagi mereka yang terpapar tetapi bergejala ringan hingga sedang," ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Suharyanto kepada wartawan, Jumat (18/2/2022).

Sedangkan bagi masyarakat yang tidak bergejala, lanjut Suharyanto, pemerintah menyarankan agar isolasi mandiri (isoman) dengan didukung obat-obatan dari pemerintah. Ia mengatakan secara klinis tingkat kematian akibat Covid-19 varian Omicron tidak separah Delta.

"Kelompok rentan inilah yang terbanyak mengalami fatalitas ketika terpapar Omicron," ucapnya.

Menurut Suharyanto, saat ini mayoritas masyarakat sudah divaksin di antaranya 90 persen dosis 1 dan 66 persen dosis 2. Sedangkan lansia, 74 persen dosis 1 dan 51 persen dosis 2.

"Ini mengurangi potensi pemburukan jika terpapar. Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat yang belum vaksin agar segera melengkapi dosis vaksin, termasuk dosis ketiga," tuturnya.

Suharyanto mengatakan sejumlah upaya tersebut membuat peran rumah sakit (RS) dapat lebih dioptimalkan untuk masyarakat yang terpapar Covid-19 bergejala berat hingga kritis serta mereka yang memiliki komorbid atau memerlukan penanganan khusus.

"Inilah yang menghasilkan kontrol terhadap penggunaan tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 menjadi terkendali hingga saat ini," tukasnya.

BERITA TERKAIT