test

News

Senin, 21 Februari 2022 15:10 WIB

Prihatin! Sampai Kali Jakarta Selama 3 Bulan Setara 2,5 Kali Volume Monas

Editor: Ferro Maulana

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: PMJ News/Pemprov)

PMJ NEWS -  Berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, jumlah sampah di kali Jakarta dalam kurun waktu tiga bulan setara 2,5 kali volume tugu Monumen Nasional (Monas).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menjelaskan, kuarter keempat 2021 atau rentang Oktober-Desember 2022, sampah yang diangkut dari sungai-sungai di Ibu Kota mencapai 121.433,53 meter kubik.

"Tumpukkan sampah di Jakarta menjadi salah satu alasan utama terjadinya banjir. Tentu, sampah tersebut didominasi oleh sampah plastik," demikian tulis Ariza melalui akun Instagram pribadinya, Senin (21/2/2022).

"Usut punya usut, akumulasi volume sampah yang ada di sungai selama 3 bulan itu jika diumpamakan ternyata bisa melebihi besarnya Monas!,”tambahnya.

Dampak puluhan ribu meter kubik sampah yang ada di sungai tersebut, lanjut Ariza, memicu banjir di Ibu Kota.

Bahkan Ariza mencatat, salah satu banjir terparah di Jakarta pernah terjadi di tahun 1918. Saat itu sudah banyak sampah di sungai.

"13 Sungai yang ada di Jakarta memiliki peran yang penting sebagai #PengendaiBanjir karena secara geomorfologis, dataran Jakarta memanglah lebih rendah dari permukaan laut," tulisnya lagi.

Ariza pun kembali mengajak warga Jakarta agar tidak membuang sampah di sungai.

BERITA TERKAIT