test

News

Selasa, 22 Februari 2022 11:50 WIB

Menteri Perhubungan Tinjau Calon Bandara Ibu Kota Negara di Penajam

Editor: Ferro Maulana

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Kemenhub)

PMJ NEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi beserta jajarannya meninjau lokasi calon bandara baru penunjang Ibu Kota Negara (IKN) yang berada di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (21/2/2022).

Menhub memantau menggunakan helikopter menuju titik lokasi calon bandara baru bersama dengan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor; Ketua Satuan Tugas Pembangunan IKN Danis Sumadilaga; dan Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto.

Menurut Menhub, pihaknya bersama stakeholder telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis. Yakni, berada di antara kawasan IKN dengan Balikpapan.

“Lokasi tersebut akan dihubungkan oleh jalan tol, baik dari Balikpapan maupun IKN,” tuturnya.

Lebih jauh Menhub mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kaltim, KemenPUPR, TNI, Polri, dan unsur terkait lainnya, yang telah berkolaborasi memberikan panduan dalam penelitian penentuan titik calon bandara baru IKN.

“Titik itu telah sesuai dengan jaringan jalan yang direncanakan Kementerian PUPR dan Bappenas,” jelasnya.

Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan TNI AU. Bahkan dirinya memastikan, siap berkoordinasi dengan TNI AU berkenaan kolaborasi penggunaan bandara IKN untuk kepentingan komersial dengan kepentingan militer. 

BERITA TERKAIT