test

News

Senin, 28 Februari 2022 11:40 WIB

Penjelasan Polisi Terkait Jalur Puncak Macet Total: Banyak Faktor

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Jalur Puncak macet parah. (Foto: PMJ/Instagram Bogor Update).

PMJ NEWS -  Viral di media sosial foto dan video yang menggambarkan kepadatan lalu lintas menuju kawasan puncak, Kabupaten Bogor sejak Minggu (27/2/2022) siang sampai malam kemarin.

Kasat lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menerangkan kemacetan lalu lintas tersebut disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya, banyak ditemukan kendaraan yang terhenti atau mogok di tengah jalan.

"Terus juga motor membuldak naik maupun turun, mereka rata-rata tidak sabar. Kami sudah alihkan beberapa titik untuk mereka lewati atau jalur alternatif tapi mereka keluar lagi. Pada saat diarahkan kepolisian mereka keluar lagi melembung lagi akhirnya tidak bisa lewat," ujar Dicky saat dikonfirmasi wartawan, Senin (28/2/2022).

Selain itu, faktor libur panjang juga disebut menjadi salah satu penyebab warga dari luar Bogor mendatangi kawasan puncak untuk berlibur. Sehingga menimbulkan kepadatan lalu lintas.

"Terlihat sekali kalau bicara peningkatan apalagi di beberapa minggu ke belakang memang bisa dikatakan cukup landai, cukup normal saja untuk arus puncak. Namun di minggu kemarin ini mungkin karena efek long weekend jadi kendaraan luar biasa," sambungnya.

Kendati demikian, Dicky menjelaskan situasi arus lalu lintas lebih terurai dengan baik dibandingkan pada malam kemarin. Ratusan personil lalu lintas juga dikerahkan untuk mengurai kepadatan.

"Pantauan kami sedang melihat pola one way arah bawah, untuk mengurangi arus dari atas dari cianjur kita kurangi dulu ke bawah agar nanti pada siang hari tidak terlalu berat arusnya. Tapi ini sudah cukup terurai," tukas Dicky.

BERITA TERKAIT