test

News

Rabu, 9 Maret 2022 18:06 WIB

Terkait Ekonomi, Ombudsman Terima 60 Laporan Masyarakat Sepanjang 2021

Editor: Ferro Maulana

Ombusman RI. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS -  Pihak Ombudsman Republik Indonesia (ORI) melaporkan sudah menerima sebanyak 60 laporan masyarakat di sektor perekonomian sepanjang tahun 2021.

Anggota ORI Yeka Hendra Fatika menjelaskan sektor perbankan meerupakan lembaga yang paling banyak diadukan masyarakat. Kemudian disusul lembaga asuransi.

"Laporan perbankan itu ada 24. Kemudian, asuransi 11 laporan. Kurang lebih hampir seperti ini tiap tahun strukturnya," tuturnya, dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Berikutnya, lembaga pengadaan menempati posisi ketiga sebanyak 8 laporan. Diikuti perizinan 5 laporan, perdagangan dan industri 5 laporan.

Kemudian, koperasi 3 laporan, penanaman modal 2 laporan, pajak 1 laporan, serta pertanian dan pangan 1 laporan.

Dari 60 laporan tersebut, ORI baru berhasil menyelesaikan 27 laporan. Sementara, 33 laporan sisanya masih dalam proses penyelesaian.

"Indikatornya yaitu telah memperoleh penyelesaian oleh instansi atas hasil pemeriksaan Ombudsman, tidak terbukti melakukan mal administrasi, dan lainnya," jelasnya.

Karena itu, Ombudsman mendorong adanya penguatan sinergi antar kementerian/ lembaga dalam mengawal penyelesaian sisa kasus yang belum terselesaikan.

Di samping itu, masyarakat selaku pelapor dan perusahaan terlapor untuk kooperatif mengikuti seluruh mekanisme yang berlaku.

BERITA TERKAIT