test

Kesehatan

Jumat, 11 Maret 2022 10:05 WIB

Waspada, Lima Gejala Awal Kanker Ini Tak Boleh Disepelekan

Editor: Hadi Ismanto

Penting bagi kita untuk mewaspadai hal-hal yang mungkin menjadi gejala awal kanker. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Seringkali gejala awal kanker kerap diabaikan karena tidak khas dan mirip dengan gejala penyakit lain. Padahal, semakin cepat kanker terdeteksi, tingkat keberhasilan pengobatannya juga semakin besar.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mewaspadai hal-hal yang mungkin menjadi gejala awal kanker. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/3/2022), berikut gejala awal kanker yang perlu diwaspadai.

Kanker tidak selalu diawali dengan gejala yang khas. Sebagian besar kanker baru menunjukkan gejala ketika sudah berada pada stadium lanjut atau saat sudah menyebar ke organ lain.

1. Berat Badan Turun Drastis
Penurunan berat badan pada penderita kanker terjadi karena sel tubuh sehat terus-menerus diserang oleh sel kanker. Penurunan berat badan ini biasanya terjadi dalam waktu yang cepat dan tanpa sebab yang jelas.

Kondisi ini sering kali menjadi gejala awal dari kanker pankreas, kanker esofagus, kanker paru, dan kanker lambung.

2. Kelelahan Berlebihan
Rasa lelah yang berlebihan merupakan salah satu gejala awal kanker yang paling umum. Ini bisa terjadi karena sel-sel kanker menggunakan nutrisi di tubuh untuk berkembang, sehingga nutrisi tidak dapat diubah menjadi energi.

Hal inilah yang menyebabkan penderita kanker merasa sangat lelah. Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda merasakan kelelahan yang tidak kunjung reda meski sudah mengurangi aktivitas dan sudah beristirahat dengan cukup.

3. Demam
Umumnya demam merupakan respons tubuh terhadap infeksi. Namun, demam bisa juga menjadi gejala awal penyakit kanker, seperti limfoma, leukemia, kanker ginjal, dan kanker hati.

Demam seperti ini biasanya terjadi pada malam hari dengan suhu tubuh sekitar 38 derajat Celsius.

4. Perdarahan
Perdarahan juga bisa menjadi salah satu gejala awal kanker. Beberapa jenis kanker, seperti kanker usus dan kanker anus, dapat menyebabkan munculnya darah saat buang air besar.

Sedangkan pada kanker prostat atau kanker kandung kemih, darah dapat muncul saat buang air kecil.

Terkadang perdarahan juga dapat terjadi pada organ dalam, sehingga lebih sulit dideteksi. Selain itu, waspadai jika Anda mengalami perdarahan saat batuk atau muntah, serta perdarahan dari vagina yang terjadi di luar masa menstruasi.

5. Benjolan pada Anggota Tubuh
Segera periksakan diri jika Anda merasakan ada benjolan pada anggota tubuh, apalagi yang teraba keras dan semakin membesar. Pasalnya, benjolan pada anggota tubuh bisa jadi merupakan gejala awal kanker.

Benjolan pada payudara, misalnya, dapat menjadi tanda dari kanker payudara. Sementara itu, benjolan pada leher, akibat pembengkakan kelenjar getah bening, menjadi gejala awal kanker tiroid, kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker laring.

BERITA TERKAIT