test

Fokus

Minggu, 13 Maret 2022 14:00 WIB

Berantas Virus Narkoba dan Covid-19 di Kampung Bahari

Editor: Ferro Maulana

Berantas narkoba di Kampung Bahari. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran mengunjungi sentra vaksinasi di Posko Kampung Tangguh Narkoba di Kampung Bahari, Tanjung Priok. 

Kapolda mengecek pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kampung Bahari, yang beberapa hari lalu menjadi target penggerebekan narkoba.

Fadil Imran menjelaskan pihaknya akan meningkatkan patroli, pengawasan dan penangkapan untuk menyetop peredaran narkoba di Kampung Bahari, Jakarta Utara.  

"Tantangan yang dihadapi masyarakat kita cukup berat. Salah satunya kehadiran virus masyarakat yaitu Narkoba, yang tidak mengenal siapapun dan di manapun, menghantui keluarga-keluarga kita," terang Fadil di Kampung Bahari. 

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran meninjau pelaksanaan vaksinasi serentak di Kampung Bahari, Tanjung Priok. (Foto: PMJ News/Yeni)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran meninjau pelaksanaan vaksinasi serentak di Kampung Bahari, Tanjung Priok. (Foto: PMJ News/Yeni)

Untuk diketahui penggerebekan narkoba di Kampung Bahari berlangsung pada Rabu (9/3/2022) lalu. 

Tim gabungan polisi dan TNI menangkap 26 orang dengan barang bukti 350 gram sabu, 1.500 butir ekstasi dan jenis narkotika lainnya.

Polda Metro Jaya juga menjadikan Kampung Muara Bahari tersebut sebagai Kampung Tangguh Bebas Narkoba. 

Kampung Muara Bahari atau lebih sering disebut Kampung Bahari diketahui merupakan sarang narkoba sehingga polisi menggelar berulang kali melakukan penggerebekan besar-besaran.

Dalam kunjungan itu, Kapolda juga menekankan pentingnya vaksinasi Covid-19. 

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran meninjau pelaksanaan vaksinasi serentak di Kampung Bahari, Tanjung Priok. (Foto: PMJ News/Yeni)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran meninjau pelaksanaan vaksinasi serentak di Kampung Bahari, Tanjung Priok. (Foto: PMJ News/Yeni)


"Selain benda jahat narkoba, masyarakat juga wajib dilindungi dari virus yang menyerang kesehatan tubuh masyarakat. Yaitu Covid-19," ucap Fadil. 

"Kita tidak bisa membiarkan warga Jakarta mendapatkan serangan bertubi-tubi melalui narkoba dan Covid 19," ucapnya. 

Kapolda Metro Jaya mengatakan kepolisian terus membantu vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat tanpa mengenal hari libur. 

"Kami terus beroperasi, ke seluruh wilayah menjaga ketahanan fisik warga," sambungnya. 

Tunaikan Dua Arahan Kapolri 

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran mengatakan Polda Metro Jaya menunaikan dua arahan dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) di Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Pertama terkait peningkatan pencapaian vaksinasi, kedua menurunkan angka kejahatan. Mudah-mudahan ikhtiar dan kerja bersama ini bisa terwujud," harap Fadil di Jakarta Utara. 

Polda Metro Jaya gerebek lokasi transaksi narkoba dengan barbuk mengerikan. (Foto; PMJ/Yeni).
Polda Metro Jaya gerebek lokasi transaksi narkoba dengan barbuk mengerikan. (Foto; PMJ/Yeni).


Masih dari penjelasannya, tolok ukur keberhasilan menunaikan arahan Kapolri, yang pertama adalah Kampung Bahari bersih dari narkoba serta bandar yang ingin merusak masa depan masyarakat Jakarta di Kampung Bahari, dapat ditangkap.

"Kami akan evaluasi setiap bulan. Dari sisi peredaran gelapnya, ketergantungan masyarakatnya, kami akan data dari rumah ke rumah siapa kepala keluarganya, siapa penghuninya, apa pekerjaannya, kami akan lakukan tes urine, kalau positif nanti akan kami rehabilitasi," tutur Fadil.

Kedua, tolok ukur keberhasilannya yaitu masyarakat bisa terlindungi dari virus Covid-19 yang menyerang kesehatan tubuh.

"Kalau yang tadi (narkoba) kan menyerang fisik dan mental, sekarang (Covid-19) menyerang kesehatan tubuh," jelasnya. 

"Oleh sebab itu, kami melaksanakan vaksinasi booster di tempat ini, tanpa mengenal hari libur kami terus-menerus beroperasi," kata Fadil.

Barang bukti diamankan dari berbagai macam narkoba dan senjata tajam. (Foto: PMJ/Yeni).
Barang bukti diamankan dari berbagai macam narkoba dan senjata tajam. (Foto: PMJ/Yeni).

Fadil menerangkan, Kampung Bahari akan menjadi satu dari 193 titik lokasi pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga di wilayah Polda Metro Jaya.

"Kami akan terus hadir menjaga kesehatan fisik warga, menjaga ketahanan sosial. Karena di dalam tubuh yang sehat, akan lahir mental yang kuat dan kerja ekonomi yang kuat dan bersemangat," jelasnya. 

"Ini juga sesuai arahan Kapolri, agar terus kami tingkatkan vaksinasi, bekerja sama tentunya dengan warga, sekaligus menurunkan angka kejahatan," kata Fadil. 

Sebelumnya, sebanyak 700 personel aparat gabungan yang dipimpin Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo melakukan operasi penggerebekan di Kampung Bahari untuk memberantas peredaran narkoba di Jakarta. 

Para pelaku narkoba diamankan. (Foto: PMJ/Yeni).
Para pelaku narkoba diamankan. (Foto: PMJ/Yeni).


Dalam kegiatan tersebut.  ditemukan 350 gram sabu, 1.500 butir pil ekstasi, serta barang bukti lain untuk disita Polres Metro Jakarta Utara sebagai barang bukti.

Tak hanya barang bukti narkotika, sejumlah senjata tajam, uang senilai Rp35 juta dan 22 unit kendaraan roda dua yang tidak memiliki surat juga ikut disita polisi.

Lebih jauh, polisi menahan 26 orang dalam penggerebekan itu, terdiri dari 18 orang laki-laki dan delapan orang perempuan, diduga memiliki keterlibatan sebagai pengguna dan/atau pengedar narkoba di Kampung Bahari.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) seluruh Indonesia untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 primer (dosis satu dan dua) maupun penguat (dosis ketiga) menjelang Ramadhan 2022.

Masih dari keterangan Sigit, vaksinasi Covid-19 primer maupun dosis ketiga (booster) dapat meningkatkan imunitas terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dengan berbagai varian, baik Delta maupun Omicron.

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat terjadi penambahan penerima dosis penguat vaksin Covid-19 sebanyak 338.414 orang di Indonesia, sehingga total menjadi 14.351.546 orang hingga Sabtu.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 yang diterima di Jakarta, Sabtu, 493.147 orang menerima vaksin dosis lengkap pada Sabtu ini sehingga jumlah keseluruhan menjadi 150.773.781 orang.

Vaksinasi Covid-19 dengan dosis pertama bertambah sebanyak 215.164 orang sehingga total mencapai 193.229.478 orang hingga saat ini.

Puluhan Personel Siap Patroli Tiap Hari 

Polda Metro Jaya siap melakukan patroli setiap hari di Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Hal tersebut untuk mencegah peredaran narkoba yang begitu sering di kampung tersebut.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mukti Juharsa melakukan pemantauan prokes di tempat hiburan. (Foto: PMJ News/Ditresnarkoba Polda Metro)
Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mukti Juharsa melakukan pemantauan prokes di tempat hiburan. (Foto: PMJ News/Ditresnarkoba Polda Metro)


“Kita nggak mau jadi pemadam kebakaran, jadi kita musnahkan semua, operasi semua, dan kita bangun posko dan itu rutin kita setiap hari operasi,” tutur Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Mukti Juharsa saat ditemui di gerai vaksin Jakarta Timur. 

Kombes Mukti mengaku bandar besar narkoba di Kampung Bahari sudah tertangkap. 

Untuk mengantisipasi adanya kembali bandar baru dan peredaran narkoba, 60 personel diturunkan untuk menjaga pos polisi di Kampung Bahari.

“Bandar sudah dapat kemarin kan. Insha Allah nggak ada bandar lagi ya, mulai kemarin sudah ada 60 personel gabungan Brimob, Sabhara, Resnarkoba, Binmas, gabungan di situ semua,” paparnya. 

Di samping mengurangi peredaran narkoba, menurutnya, adanya pos polisi di Kampung Bahari dapat mengurangi aksi tawuran. Dirinya pun berharap Kampung Bahari bisa bersih dari narkoba.

“Ya Insha Allah, dengan adanya pospol di sana, dengan adanya kekuatan 60 personel, tawuran dan narkoba bisa kita atasi,” ungkapnya. 

“Kita betul-betul mencegah membuat Kampung Bahari bersih narkoba seperti Kampung Ambon. Sekarang namanya Kampung Permata, sudah bersih dari narkoba," urainya melanjutkan. 

Kode dan Sistem Keamanan Sarang Narkoba 

Dua hari berturut-turut polisi mengobrak abrik sarang narkoba.

Pertama pada Rabu (9/3/2022) di Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara

Kedua, Kamis (10/3/2022) di Kampung Boncos, Palmerah, Jakarta Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan. (Foto: PMJ News)
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan. (Foto: PMJ News)


Dari dua penggerebekan tersebut terungkap ada sandi-sandi khusus di kalangan mereka jika polisi melakukan penggerebekan.

Kemudian para pelaku narkoba  juga menggunakan sistem keamanan yakni CCTV untuk memantau pergerakan polisi bila ada penggerebekan.

Pantau Pergerakan Polisi, Bandar Narkoba Kampung Bahari Pasang CCTV di Gang-gang

Bandar narkoba Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara, memantau pergerakan dan kedatangan polisi dengan CCTV.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan membeberkan para bandar narkoba ini memasang CCTV di gang-gang yang ada di Kampung Bahari

"Mereka melengkapi diri dengan CCTV untuk memantau bila ada petugas yang datang," kata Zulpan di Jakarta. 

Lebih lanjut menurutnya, para bandar narkoba ini memasang CCTV di tempat-tempat yang agak tinggi.

Tepatnya di rumah-rumah maupun gubuk yang dijadikan lapak transaksi narkoba.

"Mereka pasang di tempat-tempat ketinggian. Ini kan ada gang-gangnya, di tempat mereka berjualan narkotika," ujar Zulpan.

Selain dipasang CCTV, polisi juga sempat ditembaki petasan saat melakukan penggerebekan sarang narkoba di Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Insiden ini terjadi saat polisi sedang menyisir rumah-rumah di Kampung Bahari yang disinyalir menjadi tempat persembunyian pengedar narkoba.

Saat polisi hendak menggiring sejumlah orang yang sudah diamankan, tiba-tiba terdengar bunyi letusan dari salah satu gang di Kampung Bahari.

BERITA TERKAIT