test

News

Jumat, 25 Maret 2022 13:05 WIB

Rentetan Kecelakaan Bus TransJakarta, Wagub DKI Kritisi Rekrutmen Pengemudi

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Sebuah bus TransJakarta menabrak trotoar di Jalan Raden Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur. (Foto: PMJ News/Instagram @jktinfo)

PMJ NEWS - Rentetan kecelakaan bus TransJakarta membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara.

Riza mengkritisi proses rekrutmen pengemudi. Menurutnya, selama ini TransJakarta menggandeng pihak operator untuk merekrut pengemudi. Oleh karena itu, menurutnya, proses rekrutmen ini perlu dibenahi dan dievaluasi.

"Kita minta semua supaya bekerja sama dengan TransJakarta yang menyediakan bus, juga memberi perhatian lebih mulai dari rekrutmen pengemudi, memastikan kesehatannya, kesejahteraan, kemampuan, dan lain-lain," kata Riza di Balai Kota, Kamis malam (24/3/2022).

Menurut Riza, mengemudi bus TransJakarta bukan perkara mudah. Selain ukuran bus yang lebih besar daripada bus umum, pengemudi juga harus berjalan di lintasan lurus dan dibatasi oleh pembatas jalan.

Riza berharap ke depannya, agar tak terjadi lagi kecelakaan. "Supaya tidak lagi terjadi kecelakaan, di antaranya disebabkan karena human error," imbuhnya menambahkan.

Untuk ke depan, lanjut Riza, hal tersebut harus menjadi perhatian TransJakarta dan pihak-pihak terkait.

"Itu sudah kami minta supaya shift jamnya diatur jam operasional dan sebagainya. Terus perbaikan supaya kita bisa mengurangi. Sekali lagi kita minta semua operator kerjasama memastikan kualitas, kemampuan daripada pengemudi bus tersebut," papar Riza.

"Ini menjadi perhatian dan PR kita bersama. Beberapa waktu lalu sudah kita hadirkan dari KNKT, dilakukan evaluasi dan terus yang itu dilakukan perbaikan perbaikan ya terkait struktur TJ, personalia, manajemen, dan lain-lain," sambungnya. 

BERITA TERKAIT