Politik

Senin, 11 April 2022 14:20 WIB

MPR Imbau Demo Mahasiswa Tak Anarkis dan Waspada Penumpang Gelap

Editor: Ferro Maulana

Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS -  Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Arsul Sani mengimbau kepada mahasiswa yang tergabung dalam BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) yang melakukan unjuk rasa di Gedung DPR, Jakarta, tidak melakukan tindakan anarkis.

Arsul pun mengimbau seluruh koordinator mahasiswa untuk memantau keberadaan para peserta unjuk rasanya. Sehingga aksi tersebut tidak ditumpangi penumpang gelap.

"Bagi saya yang perlu ditekankan unjuk rasanya tidak boleh disertai tindakan anarkis,” ujar Arsul kepada wartawan, Senin (11/4/2022).

“Hal ini yang mesti diwaspadai oleh adik-adik mahasiswa kita. Karena kita sudah juga menyaksikan bahwa unjuk rasa yang berakhir dengan tindakan anarkis itu memang dipicu oleh para penumpang gelapnya," jelasnya menambahkan.

Masih dari keterangan Asrul, aktivitas demonstrasi itu tidak dilarang di negara demokrasi. Karena hal itu dijamin dalam UUD.

"Unjuk rasa atau demo itu adalah bagian dari kebebasan berekspresi yang ada aturannya,” ucapnya.

“Karena konsitusi kita memang menyebutkan di satu sisi kebebasan berekspresi dijamin, tapi di sisi lain itu harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang," sambungnya.

Meski begitu, dirinya tidak mempermaslaahkan materi yang akan dibawa para mahasiswa dalam unjuk rasa tersebut.

"Nah saya sih tidak ingin mempersoalkan materi yang akan dibawa dalam unjuk rasa, karena masyarakat luas juga menilai bahwa itu masuk akal, kontekstual dan merupakan isu rakyat atau bukan," tandasnya.

BERITA TERKAIT