test

News

Rabu, 13 April 2022 10:55 WIB

Bandara Soekarno Hatta Jadi Bandara Teraman di Asia Tenggara

Editor: Ferro Maulana

Pelaku Perjalanan Luar Negeri di Bandara Soetta. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Bandara Soekarno Hatta (Soetta) menjadi bandara teraman se-Asia Tenggara (ASEAN).

Lembaga global Safe Travel Barometer memberikan penghargaan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara teraman di Asia Tenggara bagi penumpang pesawat yang melakukan perjalanan di tengah pandemi Covid-19.

Berkenaan hal tersebut President Director of Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menjelaskan Bandara Soetta meraih nilai Safe Travel Score sebesar 4,3 dari yang tertinggi 5,0 pada penilaian di bulan Mei 2021 lalu.

M Awaluddin menuturkan, nilai itu sebanding dengan yang diraih oleh Bandara Changi, Singapura.

Padahal, pada 2022, skor Bandara Soetta, yaitu 4,09 dan berada di bawah Bandara Changi.

Sementara itu, di kawasan Asia Pasifik, Bandara Soekarno-Hatta bersama Bandara Changi Singapura ada di posisi kedua. Lalu, di tingkat dunia, Bandara Soetta berada di peringkat ke-14.

Untuk diketahui, penilaian Safe Travel Score dilakukan berdasarkan audit independen terhadap 34 inisiatif yang mencakup protokol kesehatan Covid-19, kenyamanan traveler dan keunggulan layanan. Kemudian, di sisi udara (airside) maupun sisi darat (landside).

Selanjutnya, dalam memperkuat protokol kesehatan di tengah pandemi, Bandara Soetta berinovasi melalui Biosecurity Management. Antara lain, pemeriksaan kesehatan (health screening).

Dalam hal ini setiap orang yang memasuki gedung terminal harus melalui pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal scanner dan smart helmet yang digunakan personel aviation security.

BERITA TERKAIT