test

News

Sabtu, 16 April 2022 07:07 WIB

Jasa Marga Prediksi Arus Mudik Lebaran Tahun Ini Lampaui Sebelum Pandemi

Editor: Ferro Maulana

Mudik Lebaran. (Foto: Istimewa/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Pihak Jasa Marga memprediksi arus mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah kali ini akan melampaui masa mudik sebelum pandemi Covid-19. 

Adapun jumlah kendaraan yang lewat diprediksi bakal melampaui dari arus mudik 2019 lalu.

“Tahun ini, diprediksi akan melampaui angka lalu lintas sebelum masa pandemi Covid-19 tahun 2019," terang Corporate Communication & Community Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru kepada awak media, Jumat (15/4/2022).

Menurut Dwi, persentase volume kendaraan saat ini sudah naik sampai dengan 12 persen. Sementara, puncak lalu lintas akibat mudik bakal terjadi pada 29 April 2022 mendatang.

"Kita mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk menghindari perjalanan pada saat arus puncak mudik dan arus puncak balik," tuturnya. 

Di kesempatan yang sama, Dwi menuturkan, Jasa Marga akan melakukan rekayasa lalu lintas pada arus mudik maupun arus balik. 

Rekayasa lalu lintas siap dilakukan dengan menerapkan contra flow dan one way atas diskresi dari pihak kepolisian.

"Dalam antisipasi kepadatan di gerbang tol kita memastikan keberfungsian peralatan 100 persen ditambah mengoptimalkan gardu miring, serta menambah mobile rider untuk melakukan transaksi di luar Gerbang Tol Otomatis (GTO) untuk menambah kapasitas di gerbang," pungkasnya.

BERITA TERKAIT