test

News

Senin, 18 April 2022 11:50 WIB

7 Terminal Bus di Jakarta Siap Layani Pemudik Lebaran 2022, Cek Lokasinya

Editor: Hadi Ismanto

Penumpang bus AKAP di terminal DKI Jakarta wajib divaksin. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan tujuh terminal bus selama masa mudik Lebaran 2022. Hal ini untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang yang akan menuju kampung halamannya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan kesiapan tersebut juga meliputi dengan kondisi armada yang dioperasikan untuk melayani para pemudik.

"Terminal tersebut yakni empat terminal utama Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Kalideres, Tanjung Priok dan tiga terminal tambahan Lebak Bulus, Grogol, dan Muara Angke," ungkap Syafrin dalam keterangannya yang dikutip pada Senin (18/4/2022).

Menurut Syafrin, pihaknya telah melakukan ramp check terhadap armada bus sejak 5 April 2022. Hal tersebut dilakukan terhadap bus yang ada di termina maupun yang ada di pool bus. Selain itu, juga telah dilakukan pemeriksaan terhadap kesehatan awak bus.

Bahkan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini, Syafrin menjelaskan Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan program mudik gratis. Selain bus, juga disiapkan pula 31 truk untuk mengangkut sepeda motor.

"Ada sebanyak 492 bus dan 31 truk untuk mengangkut sepeda motor," ujarnya.

Sebagai informasi, pemerintah memperkirakan jumlah pemudik yang berangkat dari Jabodetabek sekitar 14,3 juta orang. Angka ini meningkat sekitar 45 persen dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi.

BERITA TERKAIT