test

Politik

Selasa, 19 April 2022 13:57 WIB

Ketua DPR Minta Pemerintah Antisipasi Kemacetan Saat Mudik

Editor: Ferro Maulana

Ketua DPR RI, Puan Maharani saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram @puanmaharaniri).

PMJ NEWS -  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani meminta pemerintah mengantisipasi kemacetan parah saat mudik Hari Raya Idul Fitri 2022.

Pemerintah diminta memfasilitasi masyarakat yang aman dalam pelayanan mudik sebaik mungkin.

"Segala persiapan dan langkah antisipasi harus disiapkan pemerintah sebaik dan sedini mungkin,” terang Puan di Jakarta, Selasa (19/4/2022).

“Tujuannya agar masyarakat bisa mudik dengan selamat dan tenang. Siapkan skenario terburuk jika terjadi kemacetan parah di luar prediksi," sambungnya.

Menurut Puan, Kementerian yang ditugaskan juga harus mempersiapkan infrastruktur serta prasarana yang memadai bagi pemudik.

Diprediksi bakal ada 80 juta pemudik, dimana 14 juta berasal dari Jabodetabek. Sementara itu, lanjutnya, antusiasme masyarakat ini wajar karena sudah dua tahun diimbau tidak mudik karena pandemi Covid-19.

Puan juga kembali mengingatkan jangan sampai terjadi kemacetan hingga 20 jam di tol seperti tahun 2016 yang sampai memakan korban jiwa.

"Jangan sampai karena kurangnya persiapan, terjadi lagi kemacetan hingga 20 jam di dalam tol dan memakan korban jiwa," katanya.

Puan kembali meminta petugas di lapangan diminta bekerjasama dengan tenaga kesehatan di posko-posko mudik.

Termasuk di stasiun kereta api, pelabuhan, bandara, terminal bus, dan di jalur-jalur darat. Agar memudahkan masyarakat apabila membutuhkan pertolongan pertama saat mudik.

Puncak arus mudik diprediksi bakal terjadi pada 28-30 April 2022. Puan mengimbau masyarakat mempersiapkan keberangkatan dengan mempertimbangkan waktu terbaik.

BERITA TERKAIT