test

News

Rabu, 20 April 2022 09:22 WIB

Polri Dalami Dugaan Rencana Teroris NII Ingin Menggulingkan Pemerintahan

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Tim Densus 88 Polri. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-teror Polri tengah mendalami dugaan rencana menggulingkan pemerintahan yang akan dilakukan oleh kelompok teroris jaringan NII. Diketahui, para tersangka teroris NII yang berhasil diamankan mengaku memiliki sejumlah rencana aksi teror di Indonesia, salah satunya untuk menggulingkan pemerintahan.

"Iya masih didalami, jadi itu merupakan statment atau keterangan yang diperoleh penyidik saat melakukan pendalaman. Karena mereka ini mendapatkan keterangan seperti itu dari atasannya," kata Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar, Rabu (20/4/2022).

Aswin mengatakan dirinya belum bisa membeberkan lebih lanjut cara yang akan digunakan para tersangka teroris untuk menggulingkan pemerintahan. Sebab, masih dilakukan penyelidikan lebih jauh.

"Jadi kalau bagaimana caranya itu kita akan dalami lagi, dan belum bisa kami sampaikan sekarang," jelasnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri meringkus lima tersangka teroris yang merupakan jaringan NII di Tangerang Selatan pada Minggu (3/4/2022).

Kemudian pada Jumat (25/3/2022) Densus 88 kembali menangkap 16 tersangka terorisme di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) yang merupakan kelompok jaringan NII.

Dalam pendalamannya, Densus 88 kemudian menemukan 77 anak di bawah 13 tahun yang dicuci otak dan dibaiat kepada kelompok jaringan Negara Islam Indonesia (NII).

Proses perekrutan anggota NII digelar secara terstruktur, khususnya bagi yang akan diangkat menjadi pengurus atau pejabat. Tidak hanya itu, perekrutan anggota NII juga dilakukan tanpa memandang jenis kelamin dan batas usia.

BERITA TERKAIT