test

News

Rabu, 20 April 2022 13:27 WIB

Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo, Dapat Percepat Waktu Tempuh Perjalanan

Editor: Ferro Maulana

Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur. (Foto: Instagram Setkab)

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, hari ini Rabu (20/4/2022).

Bandara tersebut siap melayani rute penerbangan Jakarta-Sumenep menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Jokowi mengungkapkan, kehadiran Bandara Trunojoyo diharapkan mampu meningkatkan konektivitas dari dan ke Pulau Madura sekaligus membuka keterisolasian pulau-pulau terpencil yang ada di sekitarnya seperti Pulau Bawean dan Pulau Pagerungan.

“Adanya pelayanan transportasi udara, dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Madura ke pulau-pulau kecil di sekitarnya maupun sebaliknya,”ujar Jokowi, Rabu (20/4/2022).

“Jika menggunakan kapal bisa berhari-hari. Dengan pesawat hanya satu jam saja,” sambungnya.

Di kesempatan yang sama, kepala negara pun meminta menjelang lebaran Bandara Trunojoyo dapat melayani penerbangan dari Sumenep ke Surabaya PP dan Sumenep ke Jakarta PP.

 “Kita coba apakah akan penuh atau tidak untuk penumpangnya. Menurut saya, Insya Allah penuh,” ucap Jokowi. 

Di tempat yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Bandara ini berpotensi untuk melayani rute-rute ke Bali, Banjarmasin dan Jakarta.

“Karena banyak masyarakat Madura yang bekerja di Kalimantan, Jakarta, dan Bali,” ungkap Menhub Budi Karya. 

Saat ini, Bandara Trunojoyo telah melayani beberapa rute antara lain, Sumenep-Surabaya PP, Sumenep-Bawean PP, Sumenep-Pagerungan PP, dan Sumenep-Banyuwangi PP.

 

BERITA TERKAIT