test

News

Jumat, 22 April 2022 14:21 WIB

Dear Pemudik, Kemenkes: Lelah dan Ngantuk Baiknya Istirahat Dibanding Ngopi

Editor: Hadi Ismanto

Pemudik Lebaran beberapa tahun lalu gunakan motor sangat padat. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyarakan bagi masyarakat yang kelelahan dan mengantuk saat perjalanan mudik ke kampung halaman tahun ini istirahat, dibanding minum kopi.

Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menyebut hal ini menjadi penting karena dengan melonjaknya kendaraan saat mudik, kondisi tubuh yang lelah berisiko tinggi mengalami kecelakaan.

"Makanya, kami meminta kepada pemudik khususnya pengemudi kendaraan yang lelah atau ngantuk untuk beristirahat, bukannya minum kopi. Istirahat solusi utamanya, bukan minum kopi," pesan Siti Nadia belum lama ini.

"Begitu juga kalau pemudik capek, solusinya istirahat bukannya minum minuman peningkat stamina," sambungnya.

Menurut Nadia, kondisi tubuh yang dipaksakan untuk tetap aktif tentunya sangat berbahaya. Hal ini dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sehingga penting untuk menjadi perhatian masyarakat.

"Ini harus jadi perhatian kita bersama, khususnya masyarakat yang mudik. Kami ingatkan juga untuk booster dulu sebelum berangkat mudik ya," ungkapnya.

Selain itu, Kemenkes juga mensyaratkan pemudik untuk vaksin booster untuk meminimalisir resiko terpapar atau membawa virus Covid-19 ke kampung halamannya.

"Perjalanan mudik itu melelahkan dan menghabiskan banyak waktu di jalan, jadi kondisi tubuh yang fit adalah kunci mudik aman dan sehat," tukasnya.

BERITA TERKAIT