test

News

Jumat, 22 April 2022 15:58 WIB

Jelang Lebaran, Pemerintah Fokus Ketersediaan BBM Pertalite dan Biosolar

Editor: Ferro Maulana

Tempat pengisian BBM. (Foto: Setkab)

PMJ NEWS -  Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menerangkan jelang puncak libur Idul Fitri, pemerintah bakal memfokuskan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Biosolar.

Hal tersebut dilakukan lantaran saat mudik Lebaran permintaan BBM jenis itu akan meningkat.  

Adapun untuk BBM jenis lain permintaan diperkirakan akan menurun karena kendaraan industri dan truk-truk besar akan dihentikan operasionalnya ketika mudik, mulai 27 April 2022.

"Kita akan fokuskan ketersediaan BBM jenis pertalite karena ada kecenderungan masyarakat menggunakan BBM jenis ini,” tutur Arifin dalam siaran persnya, Jumat (22/4/2022).

“Kita berharap dapat mengatasi kebutuhan BBM untuk arus mudik. Dan saya berharap cadangan untuk 20 hari ke depan dapat dipenuhi oleh Pertamina," tambahnya.

Kemudian, Arifin juga memperkirakan kebutuhan BBM jenis Pertalite dan Solar naik 10 persen hingga 14 persen ketimbang konsumsi rata-rata harian.

"Akan ada peningkatan kebutuhan sekitar 10 persen hingga 14 persen rata-rata. Untuk itu Pertamina kita minta untuk bisa menyediakan stoknya, sekaligus juga merencanakan operasi logistiknya supaya bahan bakarnya minyak bisa tiba tepat pada waktunya," tandasnya.

 

BERITA TERKAIT