test

News

Sabtu, 23 April 2022 12:02 WIB

Polri Gandeng Pendakwah Milenial untuk Sebarkan Narasi Islam Wasathiyah

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korps Pembinaan Masyarakat Badan Pemeliharaan Keamanan (Kakorbinmas Baharkam) Polri, Irjen Pol Suwondo Nainggolan. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Polri menggelar lomba Dai Mitra Polri bertajuk 'Damai Bangsa Cinta Tanah Air'. Tujuan kegiatan ini untuk menggandeng para pendakwah milenial menjadi mitra Polri dengan ikut membantu menebarkan narasi Islam Wasathiyah kepada masyarakat.

Kepala Korps Pembinaan Masyarakat Badan Pemeliharaan Keamanan (Kakorbinmas Baharkam) Polri, Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan acara ini merupakan bentuk komitmen Polri untuk terus menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Tujuan mitra Polri adalah agar bisa menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dalam khutbah-khutbah dan dalam ceramah-ceramahnya," ujar Nainggolan saat dikonfirmasi, Jumat (22/4/2022).

Dia berharap agar dari lisan para pendakwah milenial itu menjadikan masyarakat paham bagaimana menjaga ukhuwah islamiyah, ukhuwah basyariah dan ukhuwah wathoniyah di lingkungan masing-masing.

"Sehingga masyarakat paham tentang situasi Kamtibmas, paham tentang Kesatuan Negara Republik Indonesia dan dari anak-anak atau remaja yang memberikan ceramah dalam bidang agama ini," tuturnya.

Menurut Suwondo, Polri sangat membutuhkan kerja sama dari masyarakat luas untuk menjalankan tugasnya. Salah satunya dengan peran aktif para dai menebar narasi persatuan dan perdamaian kepada masyarakat.

Oleh karena itu, lanjut Suwondo, program pembinaan para dai milenial sangat penting dan akan dilanjutkan.

"Karena dalam pembinaan masyarakat ini, Polri memerlukan bantuan. Polri nggak bisa mengerjakan pekerjaan sendiri, nah semakin banyak dai yang bisa menyampaikan, maka pesan-pesan kamtibmas bisa tercapai," tuturnya.

Selain kepada para dai, Nainggolan juga melakukan pembinaan kepada unsur masyarakat lain. Pesannya sama, bagaimana menyampaikan pesan kamtibmas secara masif.

"Kami juga berharap besar dari dai mitra Polri. Selain dai mitra Polri, kami juga mohon kepada seluruh penceramah agama yang ada di Indonesia, tolong disampaikan pesan-pesan kamtibmas sehingga negara ini bisa terus aman dan harmonis," tukasnya.

BERITA TERKAIT