test

News

Senin, 2 Mei 2022 08:47 WIB

Presiden Jokowi Sholat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi sholat Ied di Istana Presiden Yogyakarta. (Foto: Instagram Jokowi/ Setkab).

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo melakukan sholat Idul Fitri di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, hari ini Senin (2/5/2022) atau bertepatan dengan 1 Syawal 1443 Hijriah.

Sholat Ied itu digelar secara terbatas serta diikuti perangkat kepresidenan, Paspampres, dan keluarga pegawai Istana Yogyakarta.

Senin pagi, sekitar pukul 06.28 WIB, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, terlihat keluar dari Gedung Agung menuju halaman depan.

Presiden langsung menempati saf paling depan. Sedangkan, Ibu Iriana menempati tempat yang sudah ditentukan bagi jamaah wanita di sebelah kiri.

Di tempat ini, yang menjadi imam dan khatib dalam kesempatan tersebut yaitu Masmin Afif yang merupakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta.

Momen Hari Raya Idul Fitri Presiden Jokowi. (Foto: Instagram Jokowi/ Setkab).
Momen Hari Raya Idul Fitri Presiden Jokowi. (Foto: Instagram Jokowi/ Setkab).

Sedangkan, sebagai bilal yaitu Abdul Rosyid, pengurus Masjid Darussalam Istana Yogyakarta.

Dalam khotbahnya selepas sholat, khatib menyampaikan khotbah yang bertema "Solidaritas Sosial di Masa Pandemi".

Khatib menuturkan, Idul Fitri merupakan momentum emas dalam memperkuat solidaritas kemanusiaan umat dengan saling peduli, berbagi, dan menghargai, saling merajut silaturahmi, menyapa dan memaafkan, serta mengaktualisasikan nilai-nilai fitrah dalam perbuatan nyata dan perilaku mulia.

"Semoga momentum Idul Fitri juga benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang, dan terus saling peduli di tengah pandemi,” terang Jokowi.

“Demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban, di bawah naungan rida, magfirah, dan kasih sayang Allah SWT," sambungnya.

Selesai menunaikan Sholat Idul Fitri, sekitar pukul 07.05 WIB Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Gedung Agung. Ikut mendampingi Kepala Negara di antaranya, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, dan Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto. 

BERITA TERKAIT