test

Olahraga

Senin, 9 Mei 2022 12:06 WIB

Jokowi Lepas Kontingen Indonesia yang Siap Bertanding di SEA Games ke-31

Editor: Ferro Maulana

Presiden Joko Widodo resmi melepas kontingen Indonesia. (Foto: YouTube Setpres)

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo resmi melepas kontingen Indonesia yang bakal bertanding di SEA Games ke-31 Vietnam. Adapun acara pelepasan diloangsungkan di halaman depan Istana Merdeka, Senin (9/5/2022).

"Mengucap Bismillahirrahmanirrahim, kontingen SEA Games ke-31 di Vietnam pada hari ini saya berangkatkan," tutur Jokowi, dalam pernyataan tertulisnya, di YouTube Setpres, Senin (9/5/2022).

Kepala Negara mengaku sebenarnya ingin kontingen yang saat ini lebih ramping. Tetapi, masyarakat ingin kontingen Indonesia dapat meraih prestasi dan medali sebanyak-banyaknya di SEA Games ke-31 Vietnam.

"Kita semuanya, masyarakat Indonesia ingin kontingen ini meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita Indonesia," paparnya.

Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam. (Foto: YouTube Setpres)
Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam. (Foto: YouTube Setpres)

Jokowi pun berharap Indonesia dapat masuk ke tiga besar dalam SEA Games di Vietnam.

Adapun dengan seleksi yang sudah dilakukan dengan ketat, Jokowi meyakini prestasi tersebut bisa diraih oleh kontingen Indonesia.

"Memang bukan hal yang mudah. Tetapi saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas," paparnya.

Di kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan, penentuan keikutsertaan kontingen Indonesia pada SEA Games ini didasarkan pada hasil rekomendasi tim review.

Mulai dari yang akademisi, praktisi, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), hingga Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

"Dengan cara penyeleksian seperti ini maka atlet yang diberangkatkan serta nomor pertandingan dari cabang olahraga yang diikuti benar-benar disadari dari track record, catatan prestasi serta pertimbangan objektif lainnya,” tandasnya.

BERITA TERKAIT