test

News

Jumat, 13 Mei 2022 10:05 WIB

Waspada, Gangguan Kesehatan Bisa Dilihat Dari Kondisi Mata

Editor: Hadi Ismanto

Mata menjadi salah satu bagian terpenting pada tubuh, jadi sangat penting untuk melindungi penglihatan kita. (Foto: PMJ News/Wallup)

PMJ NEWS - Kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Karenanya, tidak sedikit orang akan melakukan apa saja agar bisa hidup sehat. Bahkan sampai ada istilah lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Kondisi kesehatan seseorang bisa dilihat dari beberapa organ tubuh, salah satunya adalah mata. Warna mata bisa menjadi indikator gangguan kesehatan.

Seperti dilansir dari laman Deutsche Welle, Jumat (13/5/2022), berikut tanda-tanda masalah kesehatan yang bisa terungkap dari seputar mata.

Lingkaran Hitam
Lingkaran hitam bisa jadi petunjuk adanya masalah pada kelenjar tiroid. Ini juga bisa disebabkan kurangnya sel darah merah. Sebaiknya ke dokter dan mengecek dua kemungkinan itu.

Mata Kering
Mata Anda kerap terasa kering dan gatal? Itu bisa jadi efek sampingan, jika Anda minum obat tertentu. Tapi itu juga bisa jadi indikasi kekurangan vitamin A.

Sebaiknya tingkatkan konsumsi hati, kentang manis, wortel atau bayam. Selain itu mata kering juga bisa diakibatkan terlalu lama menatap monitor komputer.

Mata Merah
Mata merah bisa disebabkan peradangan selaput mata atau kelopak mata, atau juga glaukoma. Tapi tidak perlu panik! Mata merah juga bisa jadi akbat terlalu lama memandang monitor komputer.

Sebaiknya setiap kali bekerja 50 menit di depan komputer, istirahat lima sampai sepuluh menit.

Pembengkakan Sekitar Mata
Bagian bawah mata yang membengkak bisa jadi indikasi serapan natrium yang terlalu banyak, dan biasanya dalam bentuk garam di makanan.

Sebaiknya kurangi menyantap makanan olahan, dan beralih ke bahan pangan yang kaya kalium, misalnya Alpukat dan pisang. Selain itu banyak minum dan kurangi konsumsi kopi.

Mata Kuning
Jika bagian mata yang berwarna putih berubah menjadi kekuning-kuningan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Warna kuning bisa jadi indikasi penyakit hepatitis, sirosis hati atau kanker pankreas. Dalam hal ini mata tidak sakit sama sekali.

BERITA TERKAIT