Olahraga

Jumat, 13 Mei 2022 08:03 WIB

Berlangsung Meriah, SEA Games ke-31 di Vietnam Resmi Dibuka

Editor: Ferro Maulana

Pembukaan SEA Games di Vietnam. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

PMJ NEWS -  Pesta olahraga antar bangsa-bangsa di Kawasan Asia Tenggara (SEA Games) ke-31 resmi dibuka dengan upacara pembukaan di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (12/5/2022) malam.

Walaupun masih terdapat beberapa penerapan protokol Kesehatan (prokes) berkenaan Covid-19, upacara pembukaan SEA Games 2021 di ibukota Vietnam tersebut berlangsung meriah dengan aneka atraksi dan prosesi-prosesi yang dihadiri perwakilan peserta dan perwakilan olahraga lainnya.

Terdapat atraksi tarian didukung teknologi pencahayaan, pengibaran bendera SEA Games, prosesi penyalaan kaldron dan juga derap barisan defile perwakilan atlet dari negara- negara peserta.

Sementara itu, acara pembukaan yang berlangsung sekitar dua setengah jam itu pun ditutup dengan pertunjukan kembang api, diiring sorak sorai penonton di sejumlah tribun stadion My Dinh. For a Stronger South East Asia, demikian tema yang diusung dalam SEA Games Vietnam 2021 ini, yang akan berlangsung sampai dengan tanggal 23 Mei 2022.

Adapun pesan yang disampaikan dalam acara pembukaan di Stadion My Dinh Hanoi itu juga umumnya menyiratkan semangat bangsa-bangsa di ASEAN untuk bangkit menatap masa depan olahraga yang lebih kuat usai dua tahun terakhir harus bergulat dengan pandemi Covid-19.

Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc secara resmi membuka perhelatan SEA Games ke-31 tersebut yang menandai dimulainya event olahraga terbesar untuk bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara itu.

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak akhir 2019, juga berdampak kepada kegiatan olahraga di Asia Tenggara, termasuk penyelenggara SEA Games ke-31 yang semestinya digelar pada 2021. Penundaan harus bergeser satu tahun lebih lambat.

Kurang lebih 10 ribu atlet dari 11 negara Asia Tenggara akan tampil dalam pesta olahraga dua tahunan ini. Sepuluh antara lain anggota persatuan bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN, ditambah Timor Leste.

Nantinya akan ada 40 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam SEA Games edisi Vietnam kali ini.

BERITA TERKAIT