test

Kesehatan

Selasa, 17 Mei 2022 10:05 WIB

5 Cara Mudah Redakan Batuk Dalam Lima Menit

Editor: Hadi Ismanto

Bahan alami dapat meredakan batuk. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Batuk tentunya bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Secara umum, kondisi ini tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan mengonsumsi obat-obatan.

Seperti dilansir dari laman Prevention, Selasa (17/5/2022), profesor madya di Rush University Medical Center, Michael Hanak menyarankan 12 cara berikut untuk meredakan batuk hanya dalam lima menit.

1. Kumur Air Garam
Cara cepat dan sederhana untuk meringankan batuk dengan berkumur air garam. Studi pada 2019 membuktikan kebiasaan itu dapat membantu mengurangi durasi batuk. Kumur air garam juga membunuh bakteri, menekan jumlah lendir, dan mengurangi rasa sakit.

2. Minum Teh Jahe
Teh jahe terkenal manjur menenangkan gangguan perut, tapi juga bisa bekerja meredakan batuk. Jahe telah terbukti membantu mengurangi batuk dan sakit tenggorokan karena mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan.

3. Tambahkan Madu ke Minuman
Madu sangat membantu dalam meredakan batuk, baik dengan konsumsi langsung maupun dicampurkan dalam secangkir teh atau segelas air hangat. Khasiat lain dari madu yakni dapat mengurangi rasa sakit dan membantu melawan infeksi virus.

4. Mandi Air Panas
Mandi air panas dapat meredakan gejala flu seperti hidung tersumbat, batuk, dan tekanan sinus. Itu berkat kelembapan dari uap air panas, yang bagus untuk membuka sinus dan mengurangi lendir. Cara lain yang bisa dilakukan adalah memasang humidifier.

5. Berhenti Merokok
Batuk yang disebabkan kebiasaan merokok bisa progresif, tergantung pada seberapa banyak dan seberapa lama seseorang merokok. Berhenti merokok akan meminimalisasi paparan bahan kimia dan iritasi yang berbahaya bagi paru-paru dan mengurangi peradangan.

BERITA TERKAIT