test

Kesehatan

Rabu, 18 Mei 2022 15:09 WIB

Kasus Hepatitis Akut Misterius di Indonesia Bertambah Menjadi 14

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Penyakit hepatitis misterius yang menular lewat pencernaan dan saluran pernapasan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat kasus hepatitis akut misterius di Indonesia semakin bertambah hingga mencapai 14 kasus. Rinciannya, 13 kasus berstatus pending dan satu lainnya probable.

"Tanggal 17 Mei ada 14 kasus. Setelah dilakukan pemeriksaan, ada pengurangan kasus di probable karena sepsis bakteri, sehingga dia dikeluarkan," ujar Jubir Kemenkes Mohammad Syahril dalam keterangannya, Rabu (18/5/2022).

Sebelumnya, Kemenkes mencatat terdapat 18 kasus hepatitis misterius tersebar di Indonesia. Kendati demikian, belum ada kasus yang secara resmi terkonfirmasi.

Lebih lanjut, Syahril menjelaskan Kemenkes sampai saat ini belum dapat mendeteksi penyebab dari penyakit yang diduga hepatitis akut misterius tersebut.

"Belum ditemukan patogen yang spesifik dan menjadi penyebab. Kami belum bisa menyebutkan penyebab, karena 13 kasus masih pending dan belum selesai pemeriksaan," jelasnya.

Sebelumnya, Kemenkes mencatat terdapat 18 kasus hepatitis akut misterius di Indonesia. Tiga diantaranya telah meningal dunia dengan status dua probable dan satu discarded atau dikeluarkan karena dikonfirmasi terjangkit DBD.

Adapun kasus heaptitis akut misterius ini dilaporkan dari tujuh provinsi, diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Bangka Belitung.

BERITA TERKAIT