test

News

Senin, 23 Mei 2022 20:08 WIB

Terima Audiesi KPU, Kapolri Komitmen Amankan Seluruh Tahapan Pemilu 2024

Editor: Hadi Ismanto

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima audiensi KPU. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima audiensi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam pertemuan ini, kedua instansi ini membahas kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Baru saja kami mendapatkan kehormatan, menerima kunjungan silaturahmi sekaligus koordinasi awal antara Komisioner KPU dengan jajaran kepolisian," ungkap Sigit saat konferensi pers seusai audiensi di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/5/2022).

Menurut Sigit, pesta demokrasi 2024 nantinya akan lebih kompleks dibandingkan sebelum-sebelumnya. Sebab, pemilu 2024 akan diadakan serentak baik tingkat eksekutif maupun legislatif.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima audiensi Ketua KPU. (Foto: PMJ News)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima audiensi Ketua KPU. (Foto: PMJ News)

Sigit menyebut dalam kesempatan audiensi ini KPU memaparkan kepada pihak kepolisian mengenai seluruh tahapan dan proses pelaksanaan Pemilu 2024. Menurutnya perlu kesiapan lebih awal dalam proses pengamanan baik perihal administrasi hingga teknis.

"Sehingga perlu persiapan yang lebih awal, dan tentunya terkait dengan proses pengamanan baik hal-hal yang bersifat administrasi sampai dengan hal-hal yang sifatnya pengamanan fisik di lapangan, mulai tahapan awal, pelaksanaan rangkaian kampanye, sampai dengan proses rekapitulasi," jelasnya.

"Dan tentunya proses tahapan pengamanan pada saat rekapitulasi di pusat dan tahapan yang lain seperti adanya gugatan," sambungnya.

Kapolri memastikan pihak kepolisian di seluruh Indonesia siap melakukan pengamanan dan pengawalan di seluruh rangkaian tahapan Pemilu serentak tahun 2024. Dia berharap Pemilu 2024 berjalan sesuai asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

"Tentunya kami dalam posisi yang siap mengamankan, sehingga semua tahapan Pemilu dapat berjalan dengan baik dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Karena semuanya bisa terselenggara dengan aman dan lancar," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengungkapkan tahapan awal Pemilu 2024 akan dimulai pada 14 Juni 2022. Dia KPU berkoordinasi sejak awal dengan Polri karena dalam pengalamannya, selalu ada tensi perpolitikan di Indonesia jelang pemilu.

"Kita tahu semua yang namanya Pemilu dan Pilkada adalah area kontestasi politik yang dianggap sah dan legal untuk meraih kekuasaan ataupun mempertahankan kekuasaan. Tentu saja tensi politik akan makin tinggi, oleh sebab itu kami menginformasikan lebih awal dalam audiensi ini," terang Hasyim.

Lebih lanjut, Hasyim menyampaikan apresiasi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah berkomitmen untuk mendukung memastikan seluruh rangkaian Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar.

"Terima kasih kepada Bapak Kapolri beserta jajaran kami diterima dengan baik dalam pertemuan tadi. Melalui pak Kapolri disampaikan Polri siap dan) berkomitmen untuk mendukung pengamanan pemilu," jelas Hasyim.

"Kami meyakini KPU dalam menyelenggarakan Pemilu tentu tidak bisa berjalan sendiri harus mendapatkan dukungan, kerja sama dengan berbagai pihak dalam hal ini termasuk Polri," imbuhnya.

BERITA TERKAIT