News

Selasa, 24 Mei 2022 14:23 WIB

Amankan Proses Tahapan Pemulu 2024, Polri Gelar Operasi Mantap Brata

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Polri berkomitmen untuk mengamankan penyelenggaraan dan tahapan Pemilu Serentak 2024. Untuk mendukung kegiatan ini, kepolisian akan menggelar operasi bertajuk Operasi Mantap Brata.

"(Terkait penyelenggaraan Pemilu) nantinya Polri akan menggelar Operasi Mantap Brata dari tingkat Mabes sampai tingkat polres jajaran," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Demi mendukung pengamanan ini, lanjut Dedi, Polri akan bersinergi bersama TNI, pemerintah daerah, dan instansi terkait lainnya. Sebagai informasi, tahapan awal Pemilu dimulai pada 14 Juni 2022.

"Tentunya Polri juga bekerja sama, bersinergi dengan stakeholder terkait, TNI, penyelenggara pemilu (KPU), Bawaslu, pemda, dan lain-lain," ujarnya.

Lebih lanjut Dedi mengatakan, pihaknya juga tengah menyiapkan langkah antisipasi gangguan kamtibmas yang kerap muncul selama tahapan pemilu seperti masa kampanye.

"Tentunya setiap penahapan pemilu yang nanti akan disampaikan oleh KPU memiliki potensi gangguan kamtibmas yang berbeda-beda atau eskalasinya tentu Polri akan merencanakan dan mengantisipasi potensi gangguan-gangguan tersebut," tukasnya.

"Agar seluruh penahapan Pemilu 2024, baik Pilpres, Pileg, dan Pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar, demokratis, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan," imbuhnya.

BERITA TERKAIT