test

News

Jumat, 10 Juni 2022 14:23 WIB

Mampu Hindari Imunitas, Menkes Pastikan Omicron BA.4 dan BA.5 Ada di Bali

Editor: Ferro Maulana

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: YouTube Kemenkes).

PMJ NEWS -  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan virus Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah ditemukan di Tanah Air.

Pernyataan Menkes sekaligus sebagai imbauan untuk masyarakat luas bahwa pandemi Covid-19 memang belum selesai.

"Omicron BA.4 dan BA.5 sudah ditemukan di Indonesia, tepatnya di Bali. Ada 4 orang yang dikonfirmasi terinfeksi BA.4 dan BA.5," terang Menkes Budi kepada awak media, di Gedung Kemenkes, Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Berkenaan dengan detail situasi pasien, Menkes Budi belum dapat menginformasikan kepada publik. Termasuk apa saja gejala yang dialami, jenis kelamin pasien sampai riwayat perjalanan ke negara tertentu.

Di kesempatan yang sama, Menkes Budi menjelaskan terkait karakter varian BA.4 dan BA.5 yang ternyata tidak jauh berbeda dengan Omicron original.

Varian BA.4 dan BA.5, menurut Menkes Budi, memiliki kemampuan menghindari imunitas yang dibentuk oleh vaksin. Dan penularannya pun sama cepat seperti Omicron. Dua karakter ini, perlu diperhatikan serius oleh masyarakat.

Walaupun terdeteksi sudah ada di Indonesia, Menkes Budi menegaskan kondisi saat ini masih terkendali. Terlebih imunitas masyarakat Indonesia dinilai masih cukup kuat memberi perlindungan terhadap varian tersebut.

Meski begitu, pihaknya mengimbau, selain tidak panik berlebihan, masyarakat juga wajib menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker.

 

BERITA TERKAIT