test

News

Minggu, 12 Juni 2022 21:04 WIB

Alternatif Baru, PT KAI Bakal Operasikan Stasiun Matraman Jaktim

Editor: Hadi Ismanto

Salah satu moda transportasi di Jakarta, KRL Commuter Line. (Foto: PMJ News/Hdi)

PMJ NEWS - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter akan mengoperasikan Stasiun Matraman, Jakarta Timur. Stasiun ini di antara lintas Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara.

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba berharap dengan pengoperasian Stasiun Matraman dapat menjadi alternatif naik dan turun pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek.

"Stasiun ini (Matraman) diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi pengguna untuk naik dan turun selain di kedua stasiun tersebut serta penguna yang ada di sekitar wilayah stasiun tersebut," jelas Anne dalam keterangannya, Minggu (12/6/2022).

Anne mengatakan, Stasiun Matraman memiliki fasilitas pelayanan pengguna seperti loket, ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, toilet, musala, fasilitas untuk pengguna disabilitas, lift dan eskalator serta area parkir.

Untuk keamanan dan keselamatan, lanjut Anne, stasiun ini juga dilengkapi juga dengan kamera pemantau CCTV, alat pemadam kebakaran (APAR), sistem alarm kebakaran serta penangkal petir.

"Sebagai persiapan pengoperasian Stasiun Matraman, telah dilakukan uji coba perjalanan KRL, uji coba sistem persinyalan, serta uji coba prasarana-prasarana operasional perjalanan kereta api lainnya oleh KAI Commuter dan PT KAI Daop 1 Jakarta," tuturnya.

"Seluruh fasilitas pelayanan pengguna juga sudah dilengkapi dan dipastikan dapat berfungsi dengan baik sebelum pengoperasian stasiun ini," imbuhnya.

Sebagai informasi, Stasiun Matraman ini berlokasi di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. Stasiun ini sangat strategis untuk para pengguna yang berada di sekitar wilayah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara dan Manggarai.

Bahkan di sisi Timur stasiun langsung terhubung dengan jalan Raya Matraman dan terintegrasi dengan halte bus TransJakarta koridor 5.

BERITA TERKAIT