test

News

Kamis, 16 Juni 2022 13:41 WIB

Mendag: Minyak Goreng Curah Bertahap Diubah ke Kemasan Higienis

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Foto: PMJ/Instagram Zulhas).

PMJ NEWS - Menteri Perdagangan (Mendag) yang baru, Zulkifli Hasan, berencana secara bertahap akan mengubah minyak goreng curah menjadi kemasan agar lebih higienis di masyarakat.

"Saya tidak mengatakan dihapus, tapi harus lebih baik saja, jangan bilang dihapus, tidak ada. Jalan keluarnya seperti kemasan sederhana," ujar Zulkifli, Kamis (16/6/2022).

Ia mengatakan, mengubah minyak goreng curah saat ini menjadi kemasan tidak bisa dilakukan karena harganya yang sedang tinggi.

"Kalau curah dihapus, ini belum siap, tambah rusak lagi, bertahap. Harus jelas peta jalannya, kemasan perlu waktu dua, tiga, lima bulan ke depan," tambahnya.

Zulkifli menyebut, dalam usahanya untuk memastikan minyak goreng curah sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 14 ribu per liter, pemerintah akan terus melakukan operasi pasar dan mendorong produsen untuk memasok tempat yang mengalami kekurangan pasokan.

"Kami akan keliling titik yang rawan (kekurangan pasokan) dan melakukan pemetaan titik yang rawan ini," bebernya.

Pemerintah sebelumnya berencana ingin menghapus minyak goreng curah secara bertahap dan menggantinya dengan kemasan sederhana.

“Nanti secara bertahap kita akan hilangkan curah menuju kemasan sederhana. Karena curah itu kurang higienis. Itu yang akan kita lakukan,” ucap Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (10/6)

BERITA TERKAIT