Kesehatan

Jumat, 24 Juni 2022 10:04 WIB

5 Manfaat Minum Jus Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Kandungan vitamin C yang ada di dalam jus buah lemon ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Buah lemon memiliki rasa yang asam, tetapi sangat menyegarkan tubuh bila dijadikan jus. Kandungan vitamin C yang ada di dalam jus buah lemon ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah datangnya penyakit.

Seperti dilansir dari laman Express, Jumat (24/6/2022), jus lemon telah dikaitkan dengan daftar panjang manfaat kesehatan. Berikut lima manfaat jus lemon.

1. Membantu Bersihkan Usus
Menambahkan jus lemon segar ke dalam air dan minuman hangat telah dipraktikkan selama berabad-abad dan merupakan salah satu praktik kesehatan alami yang paling aman untuk dicoba di rumah.

Daging buah jeruk lemon baik untuk membersihkan tubuh Anda tanpa suplemen olahan. Kesehatan usus yang baik juga merupakan cerminan dari mikrobioma usus yang baik.

Konsentrasi vitamin C yang tinggi dalam daging buah adalah kunci dalam hal pencernaan karena antioksidan melindungi sel dari radikal bebas yang bekerja untuk mengurangi peradangan.

2. Mengurangi Risiko Batu Ginjal
Batu ginjal menyakitkan dan tidak menyenangkan tetapi dalam banyak kasus mudah dicegah. Jus lemon segar dapat membantu mencegah penumpukan kalsium internal yang jika tidak dapat menyebabkan batu ginjal.

Jus ini bekerja dengan meningkatkan kadar sitrat dalam urin yang mengikat deposit kalsium dan menghentikan pembentukan batu ginjal.

3. Membantu Tetap Terhidrasi
Tetap terhidrasi tidak selalu mudah jika Anda bukan penggemar air putih. Namun, alternatif minuman manis seperti labu dan jus bisa menjadi masalah karena beberapa alasan. Jus lemon adalah cara yang enak untuk meningkatkan hidrasi harian Anda.

Meskipun pada awalnya rasa asam mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda, menjadikannya bagian dari rutinitas harian Anda akan dengan cepat membuat Anda terbiasa dengan rasa yang menyegarkan.

4. Meningkatkan Penampilan Kulit
Bukti telah mengaitkan vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat dengan perbaikan kondisi kulit. Flavonoid, yang merupakan senyawa pelindung yang ditemukan dalam buah jeruk, juga bermanfaat bagi kulit karena membantu tubuh memproduksi kolagen.

Zat alami ini bertanggung jawab untuk melindungi elastisitas dan integritas kulit, merangsang proses anti-penuaan dan mencegah penuaan dini.

Terlebih lagi, jus kaya antioksidan ini dapat membantu membuang racun dalam tubuh Anda dengan meningkatkan fungsi enzim dan merangsang hati Anda, yang memainkan peran penting dalam penampilan kulit Anda.

5. Membantu Atasi Hipertensi
Banyak orang yang kekurangan kandungan kalium yang cukup di dalam tentu. Hal ini sangatlah berbahaya karena bisa membuat anda terkena tekanan darah yang tinggi.

Jus lemon ini memiliki kandungan kalium yang sangatlah baik untuk mengontrol tekanan darah anda menjadi lebih baik.

BERITA TERKAIT