Kesehatan

Sabtu, 25 Juni 2022 09:09 WIB

9 Pasien Diduga Tertular Cacar Monyet Terbukti Idap Penyakit Lain

Editor: Ferro Maulana

Kementerian Kesehatan

PMJ NEWS -  Pemerintah melalui Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril menjelaskan hasil diagnosa terhadap sembilan pasien yang dicurigai tertular cacar monyet (Monkeypox) di Tanah Air. Ternyata, terbukti secara klinis mengidap penyakit lain.

"Rincian hasil pemeriksaan dari kasus yang dicurigai, sebanyak tujuh kasus terdiagnosa negatif PCR orthopoxviridae, satu kasus menderita pemfigoid bulosa, dan satu kasus varicella," terang Jubir M Syahril, dalam siaran persnya melalui Zoom di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Untuk diketahui, Orthopoxviridae merupakan virus penyebab penyakit Monkeypox, pemfigoid bulosa adalah kejadian munculnya lepuhan berisi cairan di kulit yang terasa gatal, serta varicella yang merupakan cacar air.

Adapun sejumlah provinsi yang melaporkan perkembangan Monkeypox di Indonesia antara lain, Kalimantan Barat satu kasus, Jawa Tengah satu kasus, Jawa Barat tiga kasus, dan DKI Jakarta empat kasus.

"Sampai hari ini, beberapa wilayah telah melaporkan kasus yang dicurigai. Namun berdasarkan hasil penyelidikan lebih lanjut belum ada satupun yang memenuhi kriteria suspek maupun probable," tandansya.

BERITA TERKAIT