Kesehatan

Minggu, 26 Juni 2022 21:48 WIB

5 Manfaat Konsumsi Keju, Baik untuk Tulang Hingga Cegah Hipertensi

Editor: Hadi Ismanto

Keju memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Ilustrasi PMJ News)

PMJ NEWS - Keju memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kekuatan tulang hingga menncegah hipertensi atau menjaga tekanan darah

Menurut beberapa penelitian, keju dan produk susu secara umum dapat berfungsi melindungi gigi berlubang. Selain itu, keju dengan kandungan gizi dan nutrisinya juga memiliki banyak manfaat lain yang tak kalah penting.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Minggu (26/6/2022), berikut lima manfaat keju bagi kesehatan tubuh.

1. Cegah Osteoporosis
Manfaat keju bagi kesehatan yang pertama adalah untuk membantu mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kalsium dan vitamin D dalam produk dairy dapat membantu membangun tulang yang kuat.

Massa tulang akan terus tumbuh sepanjang masa kanak-kanak dan remaja, mencapai kepadatan puncaknya sekitar usia 30 tahun. Dari sana, proses penuaan mulai menipiskan tulang dari waktu ke waktu.

Semakin besar kepadatan tulang Anda pada titik ini, semakin sedikit efek penuaan pada integritas kerangka Anda. Massa tulang yang tidak memadai dapat berkontribusi pada perkembangan osteoporosis di kemudian hari.

2. Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut
Manfaat keju bagi kesehatan yang kedua adalah untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mengonsumsi keju dapat membantu mencegah gigi berlubang.

Keju bisa menjaga gigi lebih sehat berkat kandungan kalsium dan fosfornya. Kedua mineral ini melawan asam laktat yang secara alami ada di mulut dan mencegahnya dari pengikisan enamel gigi.

3. Sumber Kalsium Terbaik
Manfaat keju bagi kesehatan yang ketiga adalah peran keju sebagai sumber kalsium yang paling baik bagi tubuh. Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur fungsi vaskular, transmisi saraf, fungsi otot, dan sekresi hormon.

Sementara hanya 1 persen kalsium dalam tubuh diperlukan untuk fungsi-fungsi ini, 99% lainnya disimpan dalam tulang. Tulang mengalami perombakan terus menerus sepanjang hidup. Keseimbangan antara kerusakan dan pembentukan berubah dari waktu ke waktu.

Makanya, penting untuk menjaga asupan kalsium harian agar tulang terjaga dari kerentanan terhadap kerusakan dan patah tulang. Keju adalah sumber kalsium terbaik untuk memenuhi asupan kalsium harian yang direkomendasikan.

4. Cegah Hipertensi
Manfaat keju bagi kesehatan tubuh yang keenam adalah untuk membantu mencegah hipertensi dan juga membantu menurunkan tekanan darah.

Terdapat kaitan yang ditemukan antara diet yang mengandung susu dan menurunnya tekanan darah. Diyakini bahwa hal ini disebabkan oleh peningkatan asupan kalsium yang banyak terdapat pada produk dairy seperti keju.

Namun, Anda juga masih perlu mewaspadai asupan natrium agar tidak melebihi 1.500 mg per hari. Pilihlah keju yang rendah sodium dengan cara memeriksa dengan teliti label kemasannya.

5. Sehatkan Saluran Pencernaan
Keju merupakan salah satu jenis makanan yang diolah dengan cara fermentasi. Cara pengolahan ini membuat keju mengandung bakteri probiotik yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Meski demikian, mengonsumsi terlalu banyak keju justru dapat menyebabkan konstipasi. Tak hanya itu, pada beberapa orang yang tidak dapat mencerna laktosa, keju dapat menyebabkan masalah pada pencernaan seperti diare.

BERITA TERKAIT