test

Regional

Minggu, 26 Juni 2022 09:04 WIB

Tanah Longsor Terjang Kabupaten Sukabumi, 3 Rumah Warga Rusak Berat

Editor: Ferro Maulana

Tanah longsor di Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi melaporkan, hujan deras disertai angin kencang menyebabkan tebing di Kampung Babakan Gobang RT 03/05, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, longsor, pada Sabtu (25/6/2022) sore, sekira pukul 15.30 WIB.

Dari bencana alam tersebut, tiga rumah warga yang berada di atas tebing rusak berat akibat terseret longsor. Sementara itu, di bawah tebing terdapat aliran sungai.

Bagian belakang tiga rumah jebol sehingga peralatan rumah tangga yang berada di dapur, jatuh bersama material longsoran lain ke dalam sungai.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciambar Dedi Supianto menjelaskan, peristiwa tersebut berawal dari hujan deras disertai angin kencang yang menyebabkan tebing setinggi 8 meter dengan panjang 15 meter longsor. Naasnya, di atas tebing terdapat tiga rumah warga. 

"Tiga unit rumah mengalami retakan di bagian dinding dan lantai ruangan tamu. Rumah tersebut milik bapak Uton 1 KK dengan 2 jumlah jiwa, bapak Nanin 1 KK dengan 6 jumlah jiwa dan bapak Dadan 1 KK dengan 4 jumlah jiwa," jelasnya

Lanjut Dedi Supianto, tiga keluarga terdampak longsor saat ini sudah mengungsi lantaran dikhawatirkan akan ada potensi longsor susulan akibat struktur tanah tidak stabil sehingga mengancam keselamatan keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

Saat ini material longsoran belum bisa dibersihkan oleh petugas. Hal itu disebabkan, lokasi bencana masih berbahaya dan berpotensi terjadi longsor susulan jika terlalu banyak orang yang menginjaknya.

BERITA TERKAIT