test

Fokus

Minggu, 26 Juni 2022 17:02 WIB

Kemeriahan Hari Bhayangkara, Wujudkan Indonesia Tangguh-Tumbuh

Editor: Ferro Maulana

Hari Bhayangkara. (Foto: Ilustrasi/ PMJ News)

PMJ NEWS -  Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022 mendatang bakal disemarakkan dengan berbagai kegiatan sepanjang bulan Juni ini.

Seperti kegiatan yang menonjol yaitu diprakarsasi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yakni bersepeda 508 kilometer beregu. Kegiatan yang dinamai Presisi Khatulistiwa ini digelar, Sabtu (25/6/2022).

Rutenya dari Jakarta hingga Semarang, dengan waktu tempuh selama 24 jam.  Soal jarak dan waktu yang ditentukan dalam Presisi Khatulistiwa ini akan masuk dalam rekor MURI sepeda beregu. 

Kepala Divisi TIK Mabes Polri Irjen Slamet Uliandi menjelaskan kegiatan ini merupakan yang kali pertama diselanggarakan Polri.

Kegiatan bersepeda Presisi Khatulistiwa. (Foto: PMJ News).
Kegiatan bersepeda Presisi Khatulistiwa. (Foto: PMJ News).

Irjen Slamet Uliandi mengungkapkan,  ini menjadi tonggak besar lain dalam sejarah bersepeda Indonesia, karena menempuh 508 kilometer beregu dalam 24 jam dengan titik start Lapangan Bhayangkara dan finis di Akpol Semarang. 

“Jarak yang harus tertempuh para peserta dalam setiap jamnya kurang lebih 21,16 kilometer,” tuturnya, di Jakarta.

Lebih jauh ia mengatakan, ada dua kategori utama, yaitu Tim Arjuna dan Tim Garuda. Adapun peserta masing-masing tim itu dari Mabes Polri, atlet sepeda, dan komunitas sepeda.

“Total peserta dari ketiga kelompok peserta pada kategori Tim Arjuna sebanyak 28 orang. Sementara pada kategori Tim Garuda diikuti 36 orang peserta,” urainya melanjutkan.  

Kegiatan bersepeda Presisi Khatulistiwa. (Foto: PMJ News).
Kegiatan bersepeda Presisi Khatulistiwa. (Foto: PMJ News).

Masih dari keterangannya, rute sepeda beregu ini memiliki 11 titik poin pemberhentian. Yaitu, meliputi Karawang, Pamanukan, Indramayu, Cirebon, Losari, Pemalang, Gringsing, dan Kendal.

“Opsi radius istirahat 55-56 kilometer, dengan kriteria short break selama 15 menit dan long break 45 menit. Tentu pemilihan titik istirahat juga fleksibel tergantung kondisi peserta,” jelasnya.

Irjen Slamet Uliandi kembali memaparkan kegiatan olahraga ini menunjukkan sebuah semangat bahwa Polri yang Presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh.

Sederet atlet sepeda papan atas juga turut terlibat dalam kemeriahan sepeda beregu Presisi Khatulistiwa. Antara lain, Bernard Benyamin Van Aert, Aiman Cahyadi, Dealton Nur Arief Prayoga, Selamat Juangga, Jamalidin Novardianto, dan Terry Yudha Kusuma.

Polda Metro Gelar Lomba Polisi Cilik

Dirlantas Polda Metro Jaya menggelar kegiatan lomba polisi cilik, dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76, di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6/2022).

Ditlantas Polda Metro Jaya memberikan edukasi disiplin berlalu lintas kepada ribuan anak di Pasar Seni Ancol. (Foto: PMJ News/TMC Polda Metro)
Ditlantas Polda Metro Jaya memberikan edukasi disiplin berlalu lintas kepada ribuan anak di Pasar Seni Ancol. (Foto: PMJ News/TMC Polda Metro)

Adapun jumlah peserta yang mengikuti lomba  yaitu 13 orang. Seluruh peserta tersebut masing-masing berasal dari Polres yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Hari ini kami melaksanakan lomba dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76, menghidupkan kembali polisi cilik yang sempat vakum selama Covid-19," terang Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam siaran persnya, Mingggu (26/6/2022).

Lebih jauh Sambodo mengatakan, ada tujuan khusus dari penyelenggaraan kegiatan lomba polisi cilik tersebut.

"Hal ini juga upaya kami membina generasi muda untuk berbudaya berdisiplin lalu lintas," ucapnya menegaskan.

Selain itu, dengan adanya lomba tersebut, polisi berharap hubungan dengan masyarakat makin terjaga ke depannya.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo dan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo meninjau pelaksanaan vaksinasi serentak. (Foto: PMJ News/Yeni)
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo dan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo meninjau pelaksanaan vaksinasi serentak. (Foto: PMJ News/Yeni)

"Tentu saja mempererat Kepolisian Republik Indonesia yang sebentar lagi akan berulang tahun dengan masyarakat," beber Sambodo.

Sedangkan, Wakapolda Brigjen Pol Hendro Pandowo melanjutkan, tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut ialah untuk membentuk karakter generasi muda.

"Acara ini sendiri bisa membentuk karakter generasi muda agar menaati peraturan lalu lintas dan bisa mewujudkan cita-citanya menjadi polisi," sambungnya.

Maka, dengan adanya penyelenggaraan kegiatan tersebut, polisi cilik diharapkan dapat menghidupkan kembali acara yang sempat tertunda selama dua tahun ini lantaran adanya pandemi covid-19.

Selain itu, sekaligus sebagai bekal pengetahuan tentang pentingnya disiplin berlalu lintas di jalan raya.

Lomba Bersama Komunitas Bajaj

Polri mempersiapkan sederet lomba yang terbuka bagi masyarakat dalam menyambut momen Hari Bhayangkara ke-76.

Lomba HUT Bhayangkara bersama komunitas bajaj. (Foto: PMJ News).
Lomba HUT Bhayangkara bersama komunitas bajaj. (Foto: PMJ News).

Lomba-lomba yang diadakan bertujuan semakin membangkitkan semangat seluruh anak Bangsa dalam berkarya, serta mengobati kerinduan masyarakat untuk unjuk gigi usai di depan khalayak dua tahun situasi pandemi Covid-19.

Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Tambora Polres Jakarta Barat menggelar lomba bersama para komunitas bajaj di depan Mall Season City Jl Prof Dr Latumenten Kelurahan Jembatan Besi Tambora Jakarta Barat.

"Hari ini kami bersama para komunitas bajaj menggelar berbagai perlombaan bersama para komunitas pengemudi bajaj dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-76," ujar Kapolsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat Kompol Rosana Albertina Labobar saat dikonfirmasi, Sabtu (25/6/2022).

Sementara itu, Kompol Rosana Albertina Labobar yang akrab disapa dengan sebutan Ocha ini menjelaskan, berbagai macam perlombaan dilakukan seperti makan kerupuk, balap karung, kelereng, paku dan tarik tambang

"Ada sebanyak 50 peserta mengikuti perlombaan tersebut dan disambut antusias para komunitas pengemudi bajaj," terang Rosana Albertina Labobar.

Lomba HUT Bhayangkara bersama komunitas bajaj. (Foto: PMJ News).
Lomba HUT Bhayangkara bersama komunitas bajaj. (Foto: PMJ News).

Kegiatan perlombaan ini merupakan rangkaian dalam menyambut Hut Bhayangkara Ke-76.

"Jadi kami dari Polsek Tambora bersama Tiga Pilar tambora jakarta barat menginisiasi kegiatan tersebut," terangnya

Selain itu kami juga menyediakan berbagai hadiah menarik bagi yang beruntung menang dalam perlombaan tersebut.

"Untuk hadiah utamanya ada yang berangkat umroh, sepeda motor, peralatan elektronik hingga sepeda," ujarnya.

Untuk diketahui, Hari Bhayangkara yang ke-76 tahun 2022 ini dengan mengusung tema yakni Polri yang Presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh.

“ Tujuan dalam kegiatan hari ini tidak lain untuk menjalin silaturahmi Polri khususnya keluarga besar Polsek tambora bersama masyarakat Tambora” tutupnya

BERITA TERKAIT