Kesehatan

Selasa, 28 Juni 2022 10:04 WIB

5 Manfaat Konsumsi Ikan Mas Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain harganya terjangkau dan mudah ditemukan, ikan ini juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Namun, untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara maksimal, Anda harus mengolahnya dengan benar. Ingin tahu apa saja manfaat dan cara tepat mengolahnya, mari simak artikel berikut ini!

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Selasa (28/6/2022), berikut lima manfaat mengonsumsi ikan mas bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Makan ikan mas dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat ini berasal dari kandungan kalsium di dalamnya, yaitu mineral penting yang dibutuhkan untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi serta membangun dan mencegah pengeroposan tulang.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Konsumsi ikan mas dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, nutrisi ini dibutuhkan untuk membentuk antibodi yang berperan melawan kuman penyebab infeksi, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

3. Mengontrol kadar kolesterol
Dalam ikan mas terkandung niasin atau vitamin B3, sehingga konsumsinya bisa menjaga kadar kolesterol dalam darah. Vitamin ini diketahui mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

4. Menjaga Kesehatan Mata
Untuk menjaga kesehatan mata, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, salah satunya ikan mas. Ini karena vitamin A dibutuhkan untuk menjaga kornea mata tetap jernih, sehingga fungsi penglihatan tetap baik.

Selain itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk mencegah berbagai penyakit mata, misalnya degenerasi makula dan rabun senja.

5. Mengontrol Tekanan Darah
Manfaat ikan mas selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan kalium di dalamnya. Kalium diketahui bisa menenangkan dinding pembuluh darah.

Tak hanya itu, kalium juga mengurangi kadar sodium atau garam berlebih dalam tubuh dengan cara mengeluarkannya melalui urine. Garam berlebih diketahui menjadi salah satu hal yang memicu kenaikan tekanan darah.

BERITA TERKAIT