test

News

Rabu, 29 Juni 2022 13:44 WIB

Cegah Kecelakaan Terulang di Tol Cipularang, Langkah Ini Dilakukan Polisi

Editor: Ferro Maulana

Kecelakaan Lalin. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS -  Kecelakaan beruntun kembali terjadi yang melibatkan 19 kendaraan di KM 92, di jalan Tol Cipularang yang menghubungkan Jakarta dan Bandung.

Berkenaan kecelakaan itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jabar, Kompol Lalu Wira Sutriana mengungkapkan, kronologi kecelakaan disebabkan oleh hilangnya kendali bus Laju Prima yang dikemudikan Dede Yusuf di jalanan menurun. Sehingga menabrak kendaraan yang berada di depan.

“Setelah menabrak kendaraan di kiri, kemudian oleng menabrak kembali kendaraan lain. Kondisi jalan juga padat. Sehingga ada 19 kendaraan terlibat,” tuturnya melansir situs resmi NTMC Polri, Rabu (29/6/2022).

Lebih jauh Wira menuturkan, sampai sekarang polisi masih mencari sang sopir bus, Dede Yusuf yang melarikan diri usai terjadinya kecelakaan itu.

“Untuk kondektur sudah diamankan dan saat ini berada di Polres Purwakarta,” terang Wira.

Adapun dari 19 kendaraan yang terlibat, Wira menegaskan tidak ada korban jiwa. Sedikitnya terdapat 4 orang yang mengalami luka ringan dan saat ini sudah dibawa ke RS Abdul Rajak Purwakarta.

“Pengemudi dikenakan Pasal 310 dan 312 UU LLAJ. Bila ditemukan unsur lain nanti di TKP, bisa kena pasal lainnya,” ujarnya menambahkan.

Wira pun berharap kecelakaan lain bisa segera diminimalisir, dan ini menjadi perhatian untuk dikoordinasikan dengan pihak terkait.

“Kami akan memasang imbauan kepada pengemudi agar berhati-hati di jalur tersebut. Hal itu mengingat dari geografisnya cukup rawan,” tuturnya.

“Kami akan koordinasi juga untuk pemasangan CCTV di TKP. Sehingga bisa dilihat bagaimana kejadian, sebagai bahan evaluasi ke depan,” sambungnya menegaskan.

Agar kecelakaan tidak terulanmg, polisi uga akan menggelar ramp check berkala bersama stakeholder kepada angkutan barang dan orang di lokasi-lokasi tertentu.

“Ini semua demi meminimalisir kecelakaan dan kecelakaan jalan kendaraan tersebut,” tutupnya.

BERITA TERKAIT