test

News

Rabu, 29 Juni 2022 17:23 WIB

Wapres: Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia untuk Misi Perdamaian

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat memberikan arahan. (Foto: PMJ News/Instagram @kyai_marufamin)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan kunjungan Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi ke negara Ukraina dan Rusia dalam rangka menjalankan misi perdamaian.

"Saya menyampaikan hal-hal yang penting terkait dengan lawatan Bapak Presiden ke Ukraina dan Rusia. Pertama, kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia adalah perjalanan penting dan bersejarah buat pemerintah Indonesia," ungkap Ma'ruf Amin dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).

"Kita berdoa semoga perjalanan Presiden selamat dan sukses menjalankan misi perdamaian," sambungnya.

Lebih lanjut Ma'ruf mengatakan lawatan Jokowi ke Rusia dan Ukraina menjalankan prinsip UUD 1945. Dia berharap kunjungan Jokowi bisa membangun perdamaian di dua negara yang tengah berkonflik itu.

"Kedua, lawatan Presiden kali Ini juga menandakan bahwa prinsip Indonesia sebagai negara yang selalu menjunjung tinggi terciptanya perdamaian di dunia, sebagaimana misi yang diemban dalam Pembukaan UUD 1945, dan dilaksanakan secara konsisten oleh pemerintah Indonesia," jelasnya.

"Ketiga, sekali lagi, semoga lawatan Presiden membawa hasil untuk terciptanya perdamaian kedua negara, Ukraina dan Rusia, yang sedang berkonflik dan menjadi awal terciptanya pembangunan ekonomi dunia yang stabil di masa yang akan datang," imbuhnya.

Diketahui, Presiden Jokowi dan Iriana Joko Widodo beserta rombongan telah tiba di Kyiv, Ukraina, pukul 08.50 waktu setempat. Kepala Negara akan berada di Ukraina untuk melakukan sejumlah kegiatan, diawali dengan mengunjungi puing-puing kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin.

Jokowi dan Iriana juga diagendakan mendatangi Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv. Pada siang harinya, Jokowi akan ke Istana Maryinsky untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Volodymyr Zelensky.

Selanjutnya pada sore harinya, Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas akan kembali ke Stasiun Central Kyiv untuk kemudian bertolak menuju ke Stasiun Przemysl di Polandia dengan menggunakan kereta luar biasa.

BERITA TERKAIT