test

News

Rabu, 13 Juli 2022 06:06 WIB

Tiba di Bandara Debarkasi, Jemaah Haji Bakal di Skrining Kesehatan

Editor: Ferro Maulana

Jemaah haji. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Kepala Pusat Kesehatan Haji dr Budi Sylvana menerangkan jemaah haji Indonesia bakal dilakukan skrining kesehatan Ketika datang di bandara debarkasi, demi mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Bagi jemaah yang tiba di tanah air, akan dilakukan skrining kesehatan saat kedatangan di bandara internasional debarkasi," ucap Budi, dalam siaran persnya, Selasa (12/7/2022).

Skrining itu dilakukan pengecekan suhu melalui thermal scanner dan thermal gun, tanda dan gejala serta melakukan observasi terhadap jemaah di asrama haji debarkasi.

Jika ada jemaah dengan gejala demam atau menunjukkan potensi penyakit menular, dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan tes antigen.

Kemudian, bila hasil reagen menunjukkan reaktif, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Jika hasilnya positif, akan dirujuk ke fasilitas isolasi terpusat untuk kasus tanpa gejala atau bergejala ringan,” ujarnya.

“Sementara bagi yang bergejala sedang atau berat akan dirujuk ke RS Rujukan Covid-19," tuturnya.

Sedangkan jemaah haji yang dinyatakan sehat saat kedatangan dan observasi di asrama haji debarkasi, dapat kembali ke rumah dengan tetap menjalani karantina mandiri dan memantau kondisi kesehatannya selama 21 hari ke depan.

 

 

BERITA TERKAIT