test

News

Rabu, 13 Juli 2022 17:24 WIB

Libatkan 1.725 Relawan, Bio Farma Uji Klinis Fase Tiga Vaksin Covid-19 BUMN

Editor: Hadi Ismanto

Bio Farma melaksanakan uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 BUMN. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Bio Farma melaksanakan uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 BUMN di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (12/7/2022). Setidaknya ada 1.725 relawan yang terlibat dalam uji klinis vaksin buatan Indonesia itu.

"Relawan dengan rentang usia antara 18-70 tahun, dalam keadaan sehat, dan belum pernah terpapar virus Covid-19," jelas Ketua Tim Peneliti Uji Klinis, Asrawat dalam keterangannya yang dikutip Rabu (13/7/2022).

Asrawat mengungkapkan, setiap relawan mendapatkan dua kali suntikan dengan rentang waktu 28 hari. Adapun uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 BUMN ini sudah memasuki suntikan kedua.

Para relawan yang telah diberikan suntikan akan dipantau selama satu tahun ke depan untuk memastikan keamanan serta keefektifan vaksin dalam memunculkan kekebalan tubuh.

Dikatakan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, Bio Farma akan menunggu diterbitkannya izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu juga menunggu hasil audit Halal yang dilakukan oleh LPOM MUI.

"Insya Allah memenuhi kriteria Halal. Harapannya kedua sertifikat ini akan muncul pada akhir bulan Juli," ucap Honesti.

Menurut Honesti, vaksin Covid-19 BUMN akan digunakan untuk vaksin dewasa dosis pertama dan kedua. Sementara untuk penggunaan vaksin dosis ketiga (booster) akan melewati uji klinis terlebih dahulu dalam waktu dekat.

Tak hanya itu, Honesti juga berharap ke depannya vaksin ini bisa digunakan untuk dosis primer dan dosis booster anak-anak berusia 6-17 tahun. Dia menyebut vaksin buatan Bio Farma itu dapat menjadi tonggak pencapaian karya anak bangsa karena mampu membuat vaksin dari hulu ke hilir.

BERITA TERKAIT