test

News

Selasa, 19 Juli 2022 15:43 WIB

Indonesia-Timor Leste Perkuat Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Perbatasan

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi menerima kunjungan resmi Presiden Republik Demokratis Timor Leste José Ramos-Horta

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Presiden Republik Demokratis Timor Leste José Ramos-Horta. Pertemuan berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022).

Presiden Ramos-Horta memasuki halaman Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 09.50 WIB diiringi dengan pasukan berkuda, pasukan berbusana tradisional, dan marching band Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Kita membahas berbagai kerja sama bilateral dengan terbuka dan bersahabat, dan komitmen penguatan kerja sama ekonomi menjadi fokus pembahasan," jelas Jokowi dalam pernyataan pers bersama dengan Presiden Ramos-Horta seusai pertemuan.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga menyampaikan secara rinci sejumlah kesepakatan yang dicapai kedua negara. Selain bidang ekonomoi, kedua negara sepakat perkuat konektivitas darat dan laut.

"Pertama, kita sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan dua negara. Dengan melihat tren hubungan perdagangan yang terus positif, saya yakin perdagangan dua negara bisa terus ditingkatkan,” ujarnya.

"Untuk jalur darat, saya harapkan peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan. Dan untuk konektivitas laut, saya menilai pentingnya untuk membuka rute kapal Kupang-Dili-Darwin," sambungnya.

Kesepatakan ketiga, lanjut Jokowi, akan memperkuat pembangunan perbatasan. "Saya harap pembangunan PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Napan dapat selesai tahun ini. Dan Saya juga mendorong agar Joint Border Comittee dapat dilakukan kembali," ungkapnya.

"Saya menekankan pentingnya kedua negara untuk segera menyelesaikan dua segmen perbatasan darat yang tersisa, yaitu segmen Noel Besi-Citrana dan Bijael Sunan-Oben," imbuhnya.

Menutup pernyataannya Presiden mengapreasi pertemuan yang dinilainya berlangsung produktif. "Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan luar negeri pertama Presiden Ramos-Horta," tukasnya.

BERITA TERKAIT