test

Regional

Rabu, 20 Juli 2022 19:01 WIB

56 Persen Hewan Ternak Terpapar Wabah PMK di Banten Berhasil Disembuhkan

Editor: Ferro Maulana

Hewan ternak sapi di Banten. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Polda Banten melaksanakan Gelar Operasional Triwulan III  Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) periode 04-19 Juli 2022 di wilayah hukum Polda Banten yang dilaksanakan di Ruang Vicon Polda Banten, hari ini Rabu (20/07/2022).

Anev ini dipimpin langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto didampingi Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono serta para Pejabat Utama Polda Banten dan diikuti Kapolres/ta jajaran.

Dalam kesempatan ini Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono mengatakan jika Satgas Penanganan PMK dibagi menjadi tiga.

"Dalam Satgas Penanganan PMK dibagi menjadi tiga yaitu Satgas Pencegahan, Satgas Penanganan dan Satgas Banops," ujarnya.

Adapun Satgas Pencegahan berfungsi untuk melakukan pendataan dampak, edukasi sosialisasi, pengawasan dan pelaksanaan karantina dan patroli. Kemudian Satgas Penanganan untuk melaksanakan vaksinasi, pengobatan dan disinfeksi. Terakhir Satgas Banops menyiapkan tenaga medis, sarpras dan alat kesehatan serta publikasi.

Selanjutnya, Dedy menyampaikan jumlah kegiatan tiap-tiap satgas selama periode 04-19 Juli 2022.

"Untuk Satgas Pencegahan sebanyak 9.176 kegiatan, Satgas Penanganan 11.376 kegiatan dan Satgas Banops sebanyak 2.217 kegiatan," tambahnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh personel dari Polda Banten dan Polres jajaran yang mengikuti Operasi Aman Nusa II Maung penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Jumlah personel yang mengikuti Operasi Aman Nusa II Maung Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebanyak 180 personel yang meliputi 60 personel Polda Banten dan 20 personel dari masing-masing Polres jajaran," kata Dedy.

Data yang diperoleh Satgas per tanggal 19 Juli 2022, didapatkan jumlah hewan ternak yang terinfeksi PMK diwilayah hukum Polda Banten.

"Dari data yang dilaporkan oleh Polres jajaran sampai dengan 19 Juli ternak yang terpapar 1.373 ekor, yang sembuh 782 ekor atau 56,95%. Total ternak se Provinsi Banten 1.030.081 ekor atau yang terpapar virus PMK 0,13%. Kondisi ini menandakan bahwa penularan virus PMK di Provinsi Banten pada angka yang masih bisa dikendalikan dan yang terinfeksi virus PMK pada angka yang hampir stagnan atau peningkatan tidak ekstrim," jelas Dedy.

Terakhir Dedy mengungkapkan Satgas telah melaksnakan vaksin terhadap 41 hewan ternak.

"Sebanyak 84.373 hewan ternak telah divaksin selama  periode 04-19 Juli 2022 pelaksanaan Operasi Aman Nusa II," pungkasnya.

 

BERITA TERKAIT