test

Politik

Sabtu, 13 Agustus 2022 09:05 WIB

Dukung Kapolri Bubarkan Satgassus, Legislator: Keputusan Tepat

Editor: Ferro Maulana

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani . (Foto: Dok DPR)

PMJ NEWS -  Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani menilai langkah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang membubarkan Satuan Tugas Khusus (Satgassus) sebagai keputusan tepat.

“Dalam pandangan saya, langkah Kapolri membubarkan Satgassus yang ada itu sudah tepat. Satgassus itu kan memang telah cenderung menjadi permanen, sifatnya bukan lagi ad hoc dan hanya buat satu tugas spesifik saja,” ujar Arsul kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Satgassus, menurut Arsul, selama ini menimbulkan kesan overlapping atau tumpang tindih dengan satuan kerja (satker) Polri yang lain. Sehingga keputusan Kapolri membubarkan Satgassus adalah kebijakan yang korektif.

“Ia sudah menjadi semacam shadow permanent working unit sehingga menimbulkan kesan overlapping dengan satker Polri karena punya tupoksi yang beririsan, misalnya Satgassus juga menangani kejahatan atau tindak pidana tertentu, nah ini kan jadi seperti Bareskrim kedua. Jadi sudah tepat jika Kapolri mengambil kebijakan korektif dengan membubarkannya,” paparnya.

Ditambahkannya, Arsul pun berharap ke depannya jika memang ada Satgassus, maka harus untuk tujuan tertentu saja dan tidak permanen, sehingga tidak bersinggungan dengan satker lainnya.

“Ke depan itu kalaupun ada Satgassus maka harus bener-bener bersifat ad hoc dan untuk jangka waktu pendek atau tertentu saja yang ditetapkan dengan jelas serta dengan tugas spesifik terbatas plus dihindari overlapping fungsinya. Contoh satgas yang tidak overlapping misalnya satgas dalam rangka operasi Tinombala atau Ketupat Lebaran,” tandasnya.

BERITA TERKAIT