test

News

Rabu, 17 Agustus 2022 13:25 WIB

HUT RI Ke-77, Mendikbudristek: Gotong Royong Wujudkan Merdeka Belajar

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim selaku Pembina Upacara ucapkan selamat HUT RI. (Foto: YouTube Kemendikbud).

PMJ NEWS -  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. .

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim selaku Pembina Upacara mengucapkan selamat memperingati HUT RI dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk melanjutkan gotong royong mewujudkan Merdeka Belajar.

“Selamat memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022. Kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh tanah air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia Merdeka, mewujudkan Merdeka Belajar,” ujar Nadiem di halaman Kantor Kemendikbudristek, Jakarta pada Rabu (17/8/2022).

Nadiem menuturkan, semangat tersebut ssedang dijalani melalui peran Kemendikbudristek melalui presidensi G20 dengan menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

“Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar,” tambahnya.

Dalam pidatonya, Nadiem mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar dapat kembali menginspirasi dengan karya-karya terbaiknya, khususnya di masa pascapandemi.

“Inisiatif ini adalah kelanjutan dari terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia yang kami luncurkan dan telah memberikan banyak manfaat bagi para penggerak budaya kita,” tandasnya.

BERITA TERKAIT